Umum

Jaga Imunitas Saat Pandemi, Mbah Ponimin Racik Wedang Rempah Sambiloto

Klaten, saktenane.com

Untuk menjaga imunitas tubuh disaat pandemi, Mbah Ponimin, pria yang memiliki Sanggar Rempah di Dk. Platen RT 02 RW 01 Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten ini meracik Wedang Rempah Sambiloto.

Semula Wedang Rempah Sambiloto ini, menurut Mbah Ponimin, hanya dikonsumsi di kalangan sendiri, namun setelah merasakan khasiatnya, sekarang sudah dijual untuk umum.

“Sangat baik untuk menjaga imun tubuh, sehingga untuk pencegahan agar tidak tertular virus Covid-19,” ungkap Mbah Ponimin, Kamis (18/02/2021) sore.

Ia menjelaskan, cara menyajikan Wedang Rempah Sambiloto sangatlah gampang. Pertama, racikan Wedang Rempah Sambiloto harus dicuci dulu menggunakan air panas, walaupun sebenarnya sudah bersih.

“Setelah dicuci, kemudian ditaruh di gelas atau cangkir dan diseduh dengan air yang mendidih, setelah hangat siap untuk diminum,” terangnya.

Mbah Ponimin menyarankan, untuk menggunakan air yang mendidih saat mencuci maupun menyeduh ramuan Wedang Rempah Sambiloto tersebut.

“Untuk khasiat yang maksimal harus dengan air yang mendidih, jangan air dari thermos. Untuk pencegahan cukup minum 1 kali dalam sehari, namun bagi yang sudah menderita Covid-19, harus 3 kali sehari,” jelas Mbah Ponimin.

Bagi yang tidak suka minum ramuan wedang rempah, saat ini juga sudah tersedia Ekstrak Sambiloto dalam bentuk kapsul. Untuk pemesanan bisa menghubungi Mbah Ponimin di nomor HP. 0813-2907-0527.

“Meski pahit, daun sambiloto memiliki zat aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat sambiloto untuk kesehatan terutama meningkatkan sistem imun,” tandasnya.

Ia menambahkan, Daun sambiloto mengandung saponin, flavonoid, alkaloid, dan tanin. Selain itu, sambiloto juga memiliki zat seperti lakton, panikulin, kalmegin, dan hablur kuning. Mengkonsumsi daun sambiloto secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itu karena tanaman ini bersifat imunostimulan, yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan.

“Selain itu, daun sambiloto sering digunakan untuk meredakan inflamasi, penyakit infeksi saluran pernapasan atas, infeksi akibat HIV, dan keluhan yang berhubungan dengan organ hati. Karenanya, jangan sepelekan khasiat sambiloto bagi kesehatan kita,”imbuhnya. (ino)