Umum

Warga Sidoharjo Terima Ganti Rugi Lahan Proyek Jalan Tol

Klaten, saktenane.com

Warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten menerima uang kompensasi ganti kerugian yang dikarenakan tanahnya terkena proyek pembangunan jalan tol Kulon Progo – Solo. Penyerahan secara simbolis uang ganti kerugian tersebut dilaksanakan di gedung serbaguna desa setempat, Selasa (02/02/2021) pagi.

Kepala Desa Sidoharjo, Trimanto mengatakan, rencananya ada 85 bidang tanah yang akan menerima ganti kerugian, namun ada 4 bidang yang masih ada kendala sehingga masih tertunda.

” Satu bidang masih dalam sengketa keluarga, 1 bidang lagi sertifikatnya hilang, sehingga masih dalam proses penerbitan sertifikat baru dan 2 bidang merupakan tanah kas desa,” ujar Trimanto, Selasa (02/02/2021).

Ia menjelaskan, untuk 2 bidang yang tanah kas desa, masing-masing merupakan tanah kas Desa Nunut dan tanah kas Desa Daleman, namun letaknya berada di wilayah Desa Sidoharjo.

” Hanya tertunda, untuk yang tanah kas desa nanti penyelesaiannya melalui proses di pengadilan, sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadus 2 Desa Sidoharjo, Kusmanto menyampaikan, untuk di wilayah Desa Sidoharjo, uang ganti kerugian nilainya berbeda-beda. Untuk harganya terendah 610 ribu rupiah dan tertinggi adalah 1juta rupiah per meter persegi.

“Harga menyesuaikan menurut lokasi dan tingkat kesulitan dalam mengurus administrasinya. Misal tanah dari warisan dan jual-beli nilainya berbeda. Tanah yang sudah sertifikat dan yang masih C juga beda lagi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Klaten selaku Ketua Pelaksanaan Pengadaan Tanah Jalan Tol Solo-Jogja di Klaten, Agung Taufik Hidayat menyebutkan, untuk pembayaran ganti kerugian 85 bidang lahan di Desa Sidoharjo, total uang ganti rugi yang dibayarkan sebesar 57,4 miliar rupiah. (ino)