Umum

Semua Warga Miskin Yang Terdampak Covid-19 Di Desa Gombang Tercover Bansos

Klaten, saktenane.com

Semua warga miskin yang terdampak Covid-19 di Desa Gombang, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten sudah tercover bantuan sosial dari pemerintah.

Disela sela menunggui warganya yang baru menerima bantuan sosial tunai(BST) dari kementerian sosial melalui Kantor Pos di gedung serba guna desa Gombang, Senin(08/06/2020), Kepala Desa Gombang, Sutana mengatakan, semua warga miskin yang terdampak corona secara ekonomi di Desa Gombang, semua bisa tercover bantuan sosial.

“Alhamdulillah,semua sudah mendapatkan, dan yang mendapatkan ganda langsung kami cut off ,dan data kami nonaktifkan sehingga hanya mendapatkan satu jenis bantuan,” ujar Sutana.

Lebih lanjut Kades Gombang menjelaskan, jumlah warganya total ada 1600 kepala keluarga(KK), yang mendapatkan bantuan BST Kemensos melalui bank himbara ada 58KK, BST Kemensos melalui Kantor Pos sejumlah 266 penerima, DTKS Provinsi 7 KK, DTKS Kabupaten 29 KK, PKH 233 Penerima Manfaat, BPNT aktif 507 penerima dan BPNT perluasan 152 KK serta BLT Dana Desa ada 171 penerima.

“Diluar itu mereka adalah ASN, TNI/Polri, pengusaha dan yang tergolong ekonominya mampu,” tandasnya.

Sedangkan ketika ditanya awak media mengenai adanya perangkat desa yang menerima bantuan sosial, Sutana menjawab dengan tegas, di Desa Gombang tidak ada perangkat desa yang menerima bantuan sosial dari pemerintah,baik itu pemerintah pusat, propinsi maupun kabupaten.

“Saya sendiri sebenarnya juga kasihan melihat perangkat desa yang sampai lembur melakukan pemutakhiran data, masih lagi harus muter keliling desa untuk mengantarkan undangan bagi yang menerima bantuan, sedangkan dia sendiri tidak mendapatkan,tapi mau gimana lagi, aturan sudah jelas, perangkat desa itu termasuk ASN jadi tidak boleh menerima bansos,” ucap Sutana.

Selain meminta kepada para perangkat desanya agar tetap ikhlas melayani masyarakat tanpa pamrih apapun, Kades Gombang juga meminta kepada masyarakat apabila memang merasa tidak mampu tetapi masih tercicir sehingga belum mendapatkan bantuan untuk menghubungi satgas covid 19 ditingkat RW untuk diajukan data susulan. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment