Umum

Mulai 1 Juli, Tidak Bermasker Pasti Ditilang

Klaten, saktenane.com

Mulai tanggal 1 Juli 2020 tidak memakai masker di jalan diwilayah Kabupaten Klaten, akan dikenakan sanksi tilang. Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten akan melakukan razia penertiban masker secara rutin.

Sebagai tanda dimulainya sanksi tilang, kali ini orang nomor satu di Kabupaten Klaten Sri Mulyani yang memimpin sendiri jalannya operasi dibantu TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan relawan Klaten, di persimpangan Bramen, Rabu (01/06/2020).

“Mulai 1 Juli 2020 diberlakukan tilang masker. Bagi masyarakat yang masuk atau keluar Kota Klaten ataupun masyarakat Klaten yang tidak pakai masker KTP-nya ditahan. Maka harus tetap pakai masker, agar KTP-nya bisa dikembalikan,” sapa Sri Mulyani dari samping kendaraan.

Dihadapan awak media Sri Mulyani menjelaskan bahwa operasi penegakan pemakaian masker ini bertujuan untuk meningkatan kepatuhan masyarakat atas protokol kesehatan. Sosialisasi dan edukasi maupun pembagian masker sudah dilakukan pemerintah. Saat masyarakat harus disiplin dengan protokol kesehatan demi keselamatan bersama.


“Saya menilai ini angka kedisiplinan masyarakat Klaten sudah bagus. Terbukti di persimpangan Bramen dalam waktu satu setengah jam (90 menit), dengan kondisi lalu lintas yang padat hanya kurang lebih tiga puluh orang yang ditilang,” jelas Sri Mulyani.


Berdasarkan catatan petugas tim gabungan di lapangan, Operasi Pemakaian Masker yang dimulai 09.00 Wib selama 90 menit di Persimpangan Bramen Klaten mendapatkan 37 pengendara kendaraan baik motor dan mobil yang terpaksa ditilang dengan mengamankan KTP yang bersangkutan.

KTP bisa diambil kembali saat itu juga atau di kantor Satpol PP Klaten jika yang bersangkutan telah memakai masker kembali dan tidak dipungut beaya apapun.

Titik lokasi Operasi Pemakaian Masker perdana itu selain dipusatkan di Bramen juga dilakukan di Pasar pedan Klaten dengan mengamankan 18 KTP warga yang kedapatan tidak bermasker.(red)