Umum

Pendaftaran PPDB Online SMP Negeri Sudah Dimulai Ditengah Pandemi

Klaten, saktenane.com

Pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) secara online untuk tingkat SMP Negeri di Kabupaten Klaten, sudah dimulai sejak hari ini, Rabu (01/07/2020).

Tentu saja hal ini disambut oleh siswa maupun orang tua wali murid dengan penuh semangat, segera berbondong bondong mendatangi sekolah SMP Negeri favorit mereka untuk mendaftarkan putra putrinya.

Seperti halnya yang terjadi di SMP Negeri 1 Klaten, berdasarkan pantauan saktenane.com, tampak antrian orang tua wali murid yang berbaris rapi dengan penuh antusias untuk memasuki gedung SMP Negeri 1 Klaten, dengan tetap menerapkan jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum memasuki gedung, semua wajib memakai masker, dan terlebih dahulu cuci tangan pakai sabun di depan gedung SMP, untuk selanjutnya dilakukan pengecekan suhu badan dengan thermogun oleh petugas.

Sedangkan untuk pendaftaran PPDB secara online, ada 4 jalur penerimaan murid dari jenjang SD ke SMP yaitu Jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas, dan Prestasi, anak akan  memilih sekolah yang bisa jadi pilihan orang tua dan anak untuk mendaftarkannya. Saat ini, Jalur Zonasi wilayah dibuka untuk menerima peserta didik baru.

Kepala Sekolah SMPN 1 Klaten, Sri Suharni menjelaskan, PPDB daring tahun ini, SMPN 1 Klaten menyediakan kuota peserta didik baru sebanyak 288 kursi dan rombel ada 9, tiap rombel 32 orang. Untuk Zonasi wilayah, sekolahnya menyediakan minimal 50 persen untuk peserta didik baru.

“Saat ini hanya melihat siapa yang paling dekat untuk Zonasi wilayah, meski online, ternyata anak-anaknya banyak juga yang datang ke sekolah untuk minta penjelasan tentang PPDB,” katanya.

Dalam PPDB SMP secara daring, lanjut dia, tidak ada aturan yang menjelaskan soal skala jarak maksimum dari sekolah. Peserta didik yang rumahnya paling dekat nantinya akan menggeser siswa yang rumahnya lebih jauh dari sekolah.

“Itu sudah ada panduannya. Jadi mereka tinggal dimana mulai dari RT, Kelurahan, dan Kecamatannya mana dan itu dianggap berapa kilometer dari sekolah. Jadi orang tua harus pintar-pintar, mereka harus aktif bertanya. Jika tidak bertanya kami juga tidak bisa memberikan saran, termasuk pemilihan sekolah,” terangnya.

Sri Suharni menambahkan, seleksi PPDB Zonasi wilayah dilakukan pada hari ini,  Rabu 1 Juli 2020. Selanjutnya akan diumumkan 8 Juli 2020 secara online, bagi orang tua siswa yang telah dinyatakan lolos untuk segera melakukan registrasi pada 9-10 Juli 2020.

Sementara salah satu wali murid yang mengantarkan siswa untuk mendaftar di SMPN 1 Klaten, Atin yang juga sebagai guru di SD Negeri Ketandan 2 mengatakan, kalau dirinya mengantarkan salah satu siswanya untuk mendaftar melalui jalur prestasi.

“Saya mengantar siswa ikut di jalur prestasi karena nilainya 26,70 untuk pilihan pertama disini, kalau tidak diterima nanti ke SMPN 4 Klaten,” ujarnya. (red)

Add Comment

Click here to post a comment