Umum

Polda Jateng Menilai Kampung Siaga Candi Di Klaten

Klaten, saktenane.com

Polda Jateng menilai kampung siaga candi di Klaten. Asistensi dan penilaian Kampung Siaga Candi serta Launching Bhabinkamtibmas Candi Polres Klaten oleh Tim penilai dari Polda Jateng dilakukan di Balai Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten pada Senin (27/07/2020) pagi.

Dasar pelaksanaan asistensi dan penilaian Kampung Siaga Candi ini adalah Surat Telegram Kapolda Jateng Nomor: ST/1922/VII/HUK.6.5./2020 tanggal 10 Juli 2020 dan Surat Perintah Kapolda Jateng Nomor: Sprin/2673/VII/HUK.6.6./2020 tanggal 10 Juli 2020.

Adapun Tim Asistensi dan Penilaian Kampung Siaga Candi yaitu Kabagbinops Ditbinmas Polda Jateng AKBP Suwanto selaku Ketua Tim, Kasubbag Minopsnal Ditbinmas Polda Jateng Kompol Wahyuni Setyawati sebagai anggota, Kasibinlat Subdit Binsatpam Ditbinmas Polda Jateng Kompol Budiarto sebagai anggota, dan Banum Bagopsnal Ditbinmas Polda Jateng Bripka Arif Nur Hidayanto sebagai anggota.

Hadir dalam kegiatan asistensi dan penilaian Kampung Siaga Candi ini antaralain Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi, para Pejabat Utama (PJU) Polres Klaten seperti para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Klaten, Kasubag, Kaur, Kanit, Danramil Klaten Selatan, Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan, Kepala Desa Nglinggi Sugeng Mulyadi, dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Nglinggi.

Sedang susunan acara kegiatan asistensi dan penilaian Kampung Siaga Candi ini yakni pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, beberapa sambutan, pengukuhan Bhabinkamtibmas, ramah tamah, dan penutup.

Kades Nglinggi Sugeng Mulyadi dalam sambutan mengucapkan selamat datang kepada Tim penilaian dan Asistensi Kampung Siaga Candi Covid-19 Polda Jateng di Desa Nglinggi untuk bersilaturahmi dan berbagi ilmu.

Menurutnya, kekuatan Desa Nglinggi di era adaptasi kebiasaan baru ini antara lain nilai guyub rukun dan ketahanan pangan. Karena itu, ketika Presiden Joko Widodo sudah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional, dan Bupati Klaten menetapkan virus corona sebagai kejadian luar biasa, maka Pemerintah Desa Nglinggi langsung menindaklanjuti dengan membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan tingkat desa, mengevaluasi APBDes 2020, serta membentuk Kampung Siaga.

“Kami sebagai Tim Gugus Tugas Desa Nglinggi telah banyak melaksanakan kegiatan penanganan Covid-19 berupa edukasi, sosialisasi, pendataan, indentifikasi sasaran, penyemprotan disinfektan, serta melengkapi tempat umum maupun tempat ibadah dengan thermogun. Kami juga sudah siap melakukan penanganan bagi korban, siap isolasi, dan penanganan warga pemudik yang berasal dari zona merah,” katanya.

Kades Nglinggi menyatakan, dalam segi ketahanan sosial dari 4 pilar, Desa Nglinggi telah melakukan Baksos Jumat Berkah yang terinspirari dari kegiatan Jumat Berkah Polres Klaten.

Desa Nglinggi juga merupakan desa damai yang mau menerima jenazah pasien positif covid-19 dengan senang hati tanpa ekses sesuai protokol kesehatan, dan menerima jenasah dari luar kota dengan senang hati sesuai protokol.

“Sesuai pidato Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 13 Mei 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru Covid-19, maka Kampung Siaga Candi Desa Nglinggi telah menerapkan adaptasi kebiasaan baru atas kesadaran warga sesuai protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sedang Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dalam sambutan berharap, dengan adanya kegiatan asistensi dan penilaian Kampung Siaga Candi ini dapat membuka kesadaran masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati. Karena wabah Covid-19 yang dihadapi masyarakat saat ini belum selesai.

“Kita tahu bahwa Pemerintah terus berjuang dengan seluruh tenaga agar wabah Covid-19 ini cepat selesai, dan kita semua dapat menjalankan kehidupan yang normal seperti dulu,” harapnya.

Kapolres Klaten menambahkan, Desa Nglinggi merupakan desa percontohan sebagai Kampung Siaga Candi. Sebab masyarakatnya telah menerapkan protokol kesehatan berupa menyediakan tempat cuci tangan, menerapkan kawasan wajib masker, serta menyediakan ruang isolasi. Karena itu, Kapolres mohon kepada Ketua Tim Asistensi untuk memberikan saran dan masukan agar Desa Nglinggi bisa sesuai dengan apa yang diharapkan Pemerintah Pusat.

“Saya perlu sampaikan juga bahwa hari ini ada akan diadakan Launching Babinkamtibmas Candi Polres Klaten yang menjadi program Bapak Kapolda Jateng. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin sinergitas Polri dan masyarakat dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di masyarakat, serta dapat membantu menekan penyebaran Covid-19,” paparnya.

Sementara itu Bupati Klaten yang diwakili Sekda Klaten Jaka Sawaldi mengatakan, sekitar satu minggu yang lalu, Kapolda Jateng telah berkenan hadir di Klaten untuk meresmikan Kampung Siaga Candi di Desa Nglinggi. Maka Pemkab Klaten berharap, Desa Nglinggi bisa menjadi desa percontohan yang baik.

“Bupati Klaten telah memerintahkan kepada Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Klaten beserta ASN (Aparatur Sipil Negara) Klaten untuk menjadi contoh masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di kampung masing-masing, serta memerintahkan untuk bersinergi dengan aparat keamanan dalam rangka menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya.

Ketua Tim Asistensi dan Penilaian Kampung Siaga Candi AKBP Suwanto menyampaikan, pembentukan Kampung Siaga Candi di Desa Nglinggi ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diperintahkan Kapolda Jateng.

AKBP Suwanto menambahkan, Launching Babinkamtibmas Candi ini merupakan program Kapolda Jateng.

“Tujuan pembentukan Bhabinkamtibmas Candi ini untuk memberikan identitas kepada Bhabinkamtibmas agar lebih dikenal oleh masyarakat. Karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak yang memgemban tugas khusus,” tandasnya.

Sementara itu, pengukuhan Bhabinkamtibmas Candi (cerdas, agamis, negosiator, dedikasi, inovasi) Polres Klaten secara simbolis diwakili oleh 5 Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas Cerdas diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Tlogowatu, Polsek Kemalang Bripka Hari Kartana. Bhabinkamtibmas Agamis diwakilki oleh Bhabinkamtibmas Desa Juwiring, Polsek Juwiring Bripka Slamet. Bhabinkamtibmas Negoisator diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Tegalmulyo, Polsek Kemalang Aiptu Sri Indarwati. Bhabinkamtibmas Dedikasi diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Sobayan, Polsek Pedan Bripka Nur Tri Efendi. Dan Bhabinkamtibmas Inovasi diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Kranggan, Polsek Polanharjo Aipda Hariyanto.

Usai pengukuhan Bhabinkamtibmas Candi Polres Klaten, dilanjutkan dengan ramah tamah dan penutup. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penilaian Kampung Siaga Candi di Dukuh Pokoh, Desa Nglinggi. (red)