Umum

Polres Klaten Tanam Bibit Buah Di Girpasang

Klaten, saktenane.com

Jajaran Polres Klaten kembali melakukan bakti sosial di wilayah terpencil dilereng gunung Merapi tepatnya di Dk. Girpasang, Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Sabtu (12/09/2020).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu ini merupakan kegiatan baksos di dukuh Girpasang yang kedua setelah sebelumnya di bulan lalu (14/08/2020) juga dilakukan kegiatan yang sama. Bedanya bantuan yang diberikan kali ini adalah berupa gazebo dan juga bibit pohon buah-buahan.

Sedangkan untuk bantuan sembako sebanyak 30 paket diserahkan kepada warga di dukuh yang menjadi pintu masuk ke Girpasang yaitu dukuh Tegalmulyo.

“Kami dari Polres Klaten melaksanakan bakti sosial di Dk Girpasang Kecamatan Kemalang. Adapun bantuan yang kami berikan berwujud beras dan sembako kepada warga sekitar. Ada juga 2 buah gazebo seperti yang diminta warga.” Ujar Kapolres Klaten di sela-sela kegiatan.

Rombongan Polres yang tiba di lokasi pukul 14.30 Wib langsung melakukan penyerahan sembako kepada warga langsung kerumah masing-masing warga.

Usai penyerahan bantuan sembako, rombongan kemudian berjalan naik turun menyusuri jalan setapak berupa 1.500an anak tangga untuk menuju dukuh Girpasang.

Tiba di Dukuh Girpasang, rombongan kemudian melaksanakan penanaman pohon buah-buahan. Ada 50 bibit pohon buah berbagai jenis yang ditanam, diantaranya adalah alpukat, mangga dan jambu.

“Kita sudah cari lokasi yang memang belum ada pohonnya, kemudian kita tanami pohon buah-buahan. Dikandung maksud, ketika besar nanti akan bermanfaat bagi warga,” tutur AKBP Edy Suranta.

Untuk bantuan 2 buah gazebo salah satunya dibangun di dekat kediaman sesepuh Girpasang, mbah Patmo. Gazebo yang masih dalam proses pembangunan ini juga dicek oleh Kapolres dan rombongan. Kapolres Klaten yang terkesan dengan keindahan alam di Dukuh Girpasang ini menjelaskan bahwa bantuan gazebo ini salah satunya untuk tujuan wisata. Dengan penambahan sarana prasarana diharapkan pariwisata di wilayah Girpasang bisa meningkat.

Kapolres Klaten juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan jajarannya ini selain untuk membantu warga sekaligus untuk olahraga. Akses jalan naik turun ke Dk Girpasang memang cukup menguras tenaga bagi siapapun yang melewatinya, tak terkecuali para awak media yang ikut meliput kegiatan baksos. Dengan berjalan ke dukuh Girpasang ini diharapkan mampu mengingatkan siapa saja untuk senantiasa menjaga stamina dan kesehatan dengan baik, salah satunya dengan rajin berolahraga.
(ino)