Wisata

Pjs Bupati Klaten Ajak Masyarakat Untuk Lebih Peduli Sungai

Klaten, saktenane.com

Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko mengajak masyarakat untuk lebih peduli sungai saat memasuki musim penghujan. Hal ini disampaikan saat ia memberi sambutan sekaligus membuka acara Grebeg Seni Budaya dan Lurik dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di Sekolah Sungai Peduli Pelangi, Gunden, Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Kamis (29/10/2020).

Surjarwanto mengucapkan terimakasih atas penyelenggaraan Grebeg Seni Budaya dan Lurik. Meminta agar mengupayakan sungai agar dimanfaatkan dengan baik, telebih akan menghadapi musim hujan, sungai akan penuh dengan air hujan dan jangan sampai banjir.

Maka upaya untuk pembersihan sungai yang dilakukan oleh rekan-rekan relawan sungai sungguh sangat membahagiakan kami bahwa ada prakarsa ditengah masyarakat untuk terus membersihkan alur-alur sungai, merawat alur-alur sungai agar air turun langsung ke sungai, tidak sampai ke pekarangan ataupun rumah-rumah warga.

Menghindari banjir pada saat musim hujan menjadi tugas bersama maka dengan langkah dalam acara tersebut sangat tepat untuk menggerakan semua, agar semua masyarakat peduli terhadap ancaman potensi bencana yang bisa terjadi pada saat terjadinya La Lina yang diprediksi akan capai kenaikan sejumlah 40 %.

“Nah pasti akan terjadi , kalau tidak disikapi bersama akan berpotensi itu. Persiapan resik-resik sungai, sedaya selokan-selokan wonten ing pekarangan monggo kita lajengaken ngantos musim hujan menika lewat lan mboten dadosaken alangan menopo-menopo,” ujarnya dalam bahasa jawa.

Tak tanggung-tanggung Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto juga mengucurkan dana 10 juta rupiah untuk Sekolah Sungai Peduli Pelangi, karena masyarakat dinilai sudah mempunyai insiatif untuk menjadikan sungai yang bersih, warganya bagus, dan masyarakatnya makmur.

Usai membuka acara Grebeg, Sujarwanto berserta istri, Ketua Sekolah Sungai Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi, dan tamu undangan lainnya menikmati kesenian yang ada di Sekolah Sungai. Seperti kesenian Tarian anak Ilir-Ilir, Gejog Lesung, Jaranan dan tentunya panorama indah dari pinggir sungai. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment