Umum

Talud Kaliwuluh Longsor, Pengguna Jalan Diminta Hati-Hati

Gunungkidul, saktenane.com

Talud jalan Kaliwuluh longsor, pengendara diminta untuk berhati-hati. Adapun longsornya talud jalan disebabkan oleh hujan deras yang melanda kawasan Kapanewon Ngawen dan sekitarnya beberapa hari terakhir. Talud jalan di Padukuhan Kaliwuluh, Kalurahan Jurangjero, Kapanewon Ngawen ini, mengalami longsor pada Sabtu (12/12/2020) dinihari.

Status jalan yang longsor tersebut, merupakan milik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Jalan yang menghubungkan antara Padukuhan Wonosari, Gambarsari, Kaliwuluh menuju Kalurahan Jurangjero ini tanahnya terkikis air hujan sehingga mengakibatkan longsor sepanjang 5 meter dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Kidul, Edy Basuki mengatakan, kemungkinan longsor disebabkan oleh hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir.

“Karena struktur tanah yang tidak bisa menahan gerusan air hujan, jadinya longsor,” kata Edy Basuki, Sabtu (12/12/2020) pagi.

Ia menjelaskan, untuk sementara, guna menghindari korban bagi pengguna jalan, warga setempat memasang kayu sebagai tanda di sekitar lokasi talud longsor. Tidak ada korban jiwa maupun luka yang diakibatkan talud longsor tersebut.

“Hanya saja jika tidak segera dibenahi dampaknya membahayakan bagi pengendara motor dan mobil,” jelasnya.

Edy menyebutkan, Talud yang longsor tersebut mengakibatkan kerugian materiil kurang lebih 4 juta rupiah. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment