Umum

Hama Tikus, Petani Desa Serenan Gagal Panen

Klaten, saktenane.com

Hama tikus yang menyerang area persawahan di Desa Serenan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten membuat petani di desa tersebut mengalami gagal panen.

Hal ini terungkap saat pertemuan kelompok tani Krida Desa Serenan di aula kantor desa setempat, Jumat (18/12/2020) pagi. Pertemuan ini membahas permasalahan pertanian yang sedang mereka hadapi, termasuk salah satunya adalah hama tikus.

Kepala Desa Serenan, Sri Suhadi menyampaikan, saat ini lahan pertanian di wilayahnya sedang diserang hama tikus.

” Hama tikus menyerang di lahan pertanian seluas kurang lebih 20 hektar dari total keseluruhan lahan pertanian yang ada yakni 50 hektar,” ujar Sri Suhadi.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah menghubungi para penembak jitu (sniper) untuk membantu petani mengendalikan hama tikus, namun karena kondisi lapangan yang tidak memungkinkan, maka sampai saat ini belum bisa dieksekusi.

“Disini tikus menyerang pada saat padi sedang berbunga (mrekatak) sehingga menyulitkan para sniper untuk melakukan perburuan,” ungkapnya.

Menurut Sri Suhadi, sawah bengkok kepala desa juga ikut terserang hama tikus, bahkan sudah 4 kali mengalami gagal panen.

“Saya berharap, petani kompak dalam segala hal, baik itu masalah pola tanam, pemupukan, pengairan maupun pengendalian hama termasuk gropyokan tikus,” imbaunya.

Pertemuan ini selain dihadiri anggota dari 2 kelompok tani yang ada di Desa Serenan juga dihadiri oleh kepala desa dan perangkat desa setempat serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Juwiring Rohmat Purwanto. (ino)