Umum

Korlantas Polri Bagikan Ribuan Paket Sembako di Pengungsian Merapi

Klaten, saktenane.com
Korlantas Polri membagikan ribuan paket sembako kepada para pengungsi erupsi Gunung Merapi di Posko Lapangan Keputran Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Selasa (29/12/2020).

Kegiatan sosial ini dipimpin oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, M.H yang didampingi Brigjen Kushariyanto selaku Dirgakkum Polri. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah PJU Dirlantas Polda Jateng, Jasa Raharja Cab. Jateng dan para perwira Satlantas Polres Klaten.

Rombongan Kakorlantas Polri tiba di lokasi pengungsian pada pukul 08.00 WIB dan disambut camat Kemalang Bp. Budi Prasetyo,S.Sos. Rombongan kemudian menyerahkan bantuan sembako bagi pengungsi dan meninjau dapur umum milik korps Brimob di lapangan Keputran.

Kepada awak media Irjen Pol Istiono, M.H mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan jajarannya adalah dalam rangka operasi lilin 2020. Menurutnya Ops Lilin Tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga selain mengamankan ibadah Natal dan jalur lalu-lintas juga dilaksanakan kegiatan kemanusiaan.

“Operasi Lilin 2020 adalah operasi kemanusiaan dan saat ini kami mengunjungi titik dapur umum yang dipergunakan untuk melayani masyarakat atau pengungsi Gunung Merapi,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan sembako dan meninjau dapur umum, rombongan korlantas ini terpantau juga memberikan pendampingan psikologi atau trauma healing kepada anak-anak pengungsi Gunung Merapi. Kakorlantas berharap dengan adanya layanan trauma healing tersebut, perkembangan psikologi dan pertumbuhan anak-anak tidak terganggu meski tinggal di pengungsian.

Disinggung mengenai kegiatan pengamanan malam tahun baru, Kakorlantas mengingatkan agar masyarakat mematuhi maklumat Kapolri untuk tidak merayakan tahun baru dengan membuat kegiatan yang mengundang kerumunan, misalnya panggung hiburan dan pesta kembang api.

“Malam tahun baru kembang api tidak boleh, keramaian tidak diizinkan. Tolong ini dipatuhi sebab jika ada kembang api mengundang kerumunan” tegasnya.
(ino)