Umum

KKN UNS Dorong Minat Baca Masyarakat Desa Delanggu, Dan Ajarkan Vertikultur

Klaten, saktenane.com

KKN UNS dorong minat baca masyarakat Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten. Pasalnya, selama pelaksanaan KKN di desa setempat yang dimulai pada tanggal 13 Januari 2021 sampai dengan tanggal 25 Februari 2021, banyak kegiatan yang menstimulasi masyarakat agar gemar membaca.

Ketua kelompok KKN UNS, Fasya Sebastian menyampaikan, dari kelompok KKN UNS Tahun 2021 di Desa Delanggu, mendorong masyarakat dan anak-anak untuk gemar membaca.

“Kami mengadakan kegiatan pojok literasi di Dk. Keron RW 04 , Desa Delanggu. Kami memanfaatkan poskamling yang terbengkalai, kami bersihkan dan dimanfaatkan untuk belajar anak-anak,” ujar Fasya, Kamis (25/02/2021) pagi.

Ia menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan pojok literasi, yakni untuk meningkatkan minat siswa untuk membaca, karena disaat pandemi ini pembelajaran secara tatap muka di sekolah ditiadakan.

“Kita dorong untuk membaca buku, daripada waktunya abis untuk bermain game,” ungkapnya.

Disamping itu, menurut Fasya, pihaknya juga mengajarkan Vertikultur. Vertikultur merupakan teknik bercocok tanam diruang/lahan sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat.

“Tujuan Vertikultur adalah memanfaatkan lahan yang sempit secara optimal. Kami memanfaatkan barang-barang bekas yang ada, seperti pipa paralon, plastik dan ember bekas,” jelasnya.

Ia menambahkan, Vertikultur ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya,efisiensi dalam penggunaan lahan, penghematan pemakaian pupuk dan dapat dipindahkan dengan mudah karena tanaman diletakkan dalam wadah.

“Mudah dalam hal monitoring/pemeliharaan tanaman. Sistem budidaya tanaman yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat dapat dilakukan dalam ruangan maupun luar ruangan,” imbuhnya.

Adapun yang ditanam dengan Vertikultur ini, kata Fasya, merupakan tanaman sayuran, ada cabai, tomat, terong, sawi, selada dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Delanggu, Purwanto menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kelompok KKN UNS yang telah memberikan dorongan agar masyarakat gemar membaca dan juga memberikan cara bertanam sayuran dengan teknik Vertikultur.

“Mereka juga memberikan sosialisasi tentang Covid-19 dan vaksinasi, bekerjasama dengan Puskesmas Delanggu,” tuturnya. (ino)