Umum

127 Warga Desa Baran Terima BLT DD Tahun 2021 Salur Pertama

Klaten,  saktenane.com

127 warga Desa Baran,  Kecamatan Cawas,  Kabupaten Klaten menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) salur pertama untuk alokasi penyaluran bulan Januari 2021.

Adapun penyaluran BLT DD tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. Untuk menghindari kerumunan,  pelaksanaan diatur dengan mengundang penerima secara bertahap di aula kantor desa setempat,  Rabu (07/04/2021).

Dalam sambutannya,  Kepala Desa Baran,  Sugijo menyampaikan, BLT DD ini disalurkan untuk keluarga yang tidak mampu. Sedangkan penerima BLT DD ditetapkan dari hasil Musdesus BLT DD tahun 2021.

“Penerima berdasarkan usulan Ketua RT dan Ketua RW setempat,  sehingga dipastikan tepat sasaran,” ujar Sugijo.

Ia menjelaskan,  bagi 127 warga yang tercatat sebagai penerima BLT DD tahun 2021 akan mendapatkan uang tunai sebesar 300 ribu rupiah setiap bulannya.

“Sebenarnya ada 130 penerima,  namun ada 3 penerima yang diketahui juga menerima bantuan PKH. Yang bersangkutan  diminta untuk memilih salah satu diantara BLT DD dan PKH,  dan yang bersangkutan lebih memilih PKH,” ungkapnya.

Kades Baran mengimbau kepada penerima BLT DD untuk menggunakan uang bantuan tersebut guna membeli kebutuhan pokok sehari-hari,  mengingat belum bisa diprediksi kapan pandemi akan berakhir.

Sementara itu,  Camat Cawas Muh Prihadi menyampaikan,  sampai dengan hari ini,  Rabu (07/06/2021),  sudah ada 15 desa di Kecamatan Cawas yang sudah menyalurkan BLT DD tahun 2021.

” Yang 5 desa segera menyusul. Terkendala oleh verifikasi dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  yang  detail dan ketat, sehingga  agak menghambat proses pencairan,” jelasnya.  (ino)