Umum

Covid Merebak lagi,  Pj Kades Jombor Tekankan Kesadaran Kolektif Taat Prokes

Klaten,  saktenane.com

Covid merebak lagi,  Pj Kades Jombor, Hariyanto menekankan kesadaran kolektif kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. 

Hariyanto mengatakan,  saat ini ada peningkatan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Desa Jombor,  Kecamatan Ceper,  Kabupaten Klaten. 

“Saat ini yang sedang melakukan isolasi mandiri  sembari menunggu hasil swab PCR ada 7 KK  totalnya ada sebanyak 18 jiwa. Yang terkonfirmasi positif 1 orang, yang lain kontak erat,” ujarnya,  Senin (14/06/2021) pagi. 

Ia menjelaskan,  kebutuhan logistik bagi warga yang melakukan  isolasi mandiri  didanai dari anggaran penanganan Covid-19 yang bersumber dari dana desa. 

“Logistik sesuai dengan kebutuhan masing-masing warga yang isoman. Termasuk obat-obatan karena ada yang sakit flu,  batuk, pilek,  panas dan diare,” ungkapnya. 

Menurut Hariyanto,  pihaknya selalu melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat dengan menekankan kesadaran kolektif untuk menaati protokol kesehatan. 

“Tanpa kesadaran kolektif,  usaha pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 akan sia-sia,” tandasnya. 

Selain sosialisasi protokol kesehatan,  kata Hariyanto,  Satgas Covid-19 Desa Jombor juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat fasilitas umum dan tempat ibadah. 

“Kami melibatkan seluruh komponen masyarakat di 20 RT dan 10 RW, termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” jelasnya.

Sedangkan untuk penanganan warga yang melakukan isolasi mandiri,  Pj Kades Jombor  menyampaikan,  pemerintah desa selalu berkoordinasi dengan bidan desa dan puskesmas. 

“Rumah yang isolasi diperi plakat agar tidak ada yg berkunjung ke rumah tersebut. Masyarakat melalui jogo tonggo juga membantu sayur mayur. Yang tidak patuh isoman akan dijemput paksa untuk dibawa ke pusat isolasi mandiri kabupaten,” tandasnya.  (ino