Umum

Dinkopdag Temanggung Dorong Percepatan Digital UMKM

Temanggung, saktenane.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) mendorong percepatan digital usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pasalnya, ekonomi digital memilik pangsa pasar yang sangat luas, guna mengembangkan dan meningkatkan usaha para pelaku UMKM.

“Dari 2.500 pelaku UMKM yang ada di Temanggung, tidak banyak yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya, karena masih banyak pelaku melakukan penjualan secara konvensional,” kata Kepala Dinkopdag Temanggung, Sri Hariyanto, saat ditemui Jumat (18/06/2021).

Selain menghubungkan dengan platform-platform digital, Pemkab Temanggung juga sudah mendirikan UMKM Center Temanggung, sebagai wadah memasarkan produk UMKM.

“Yang membedakan, mereka yang sudah kenal IT itu sangat eksis, bahkan cenderung ada kenaikan penghasilan. Namun yang belum kenal IT kesulitan untuk melakukan penjualan, terlebih ditengah pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Dinkopdag Temanggung berharap pelaku UMKM mampu beradaptasi dalam mengikuti perubahan dan membaca permintaan pasar melalui penjualan secara daring. Sehingga produk-produk UMKM dikenal di pasar nasional, bahkan internasional.

“Itu menjadi salah satu hal pemikiran kita, bagaimana ke depan UMKM kita paham IT, sehingga produk-produk UMKM dikenal di pasar nasional, bahkan juga di pasar internasional,” pungkasnya.