Umum

Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Raih Juara 2 LKD Terbaik Provinsi Jawa Tengah

Klaten, saktenane.com
Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan kembali meraih penghargaan Juara II Terbaik di ajang Pemilihan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2021.

Kepastian keputusan pemenang kategori LKD terbaik Jawa Tengah itu didasarkan surat pengumuman dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah tanggal 17 September 2021 yang ditanda tangani langsung Sapta Hernawati selaku Pelaksana Tugas.

Juara I disabet oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Magelang dan Juara III diraih Kabupaten Banyumas. Juara Harapan I, II dan III masing-masing dari Kabupaten Cilacap, Kabupaten Grobogan dan Kota Surakarta.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna saat dikonfirmasi menjelaskan, membutuhkan kerja keras dari arsiparis Klaten untuk capaian Juara II. Hal ini disebabkan indikator penilaian yang cukup berat.

“Ada delapan indikator penilaian pemilihan LKD 2021 yang dilakukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Indikator itu meliputi Program kerja, Pengelolaan arsip dinamis, Penyusutan, Pengolahan arsip statis, Sarpras kearsipan, SDM kearsipan, Pembinaan kearsipan, Inovasi bidang kearsipan dan Profil kelembagaan. Kemarin karena pandemi penilaian dilakukan secara virtual, tapi kami tetap kerja kompak dalam kelompok” jelas Syahruna.

Terkait langkah khusus yang dilakukan untuk meraih Juara II Tingkat Provinsi Jawa Tengah itu, Syahruna mengatakan telah menggerakan tim arsiparis untuk pendampingan dan pembinaan.

“Ada tiga langkah akselerasi yang kami lakukan melalui para arsiparis kami. Langkah itu adalah pembinaan on line kepada OPD karena pandemi. Yang lain adalah pelatihan secara webinar kerja bareng dengan ANRI Jakarta.
Alhamdulillah hasil ini yang terbaik untuk pemerintah dan warga Klaten,” ungkapnya.