Umum

Penerima Bansos Sembako Pemkab Klaten Tahap II Sejumlah 61.559 KK

Klaten, saktenane.com

Penerima Bansos Sembako Pemkab Klaten Tahap II sejumlah 61.559 KK. Jumlah warga Klaten penerima Bantuan sosial (Bansos) sembako sebagai Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemkab Klaten untuk tahap II naik menjadi untuk 61.559 Kepala Keluarga.

Pada tahap I yang dibagikan hingga akhir Mei 2020 lalu, Bansos Sembako Pemkab Klaten hanya menyasar kepada 33.670 KK.


“Kenaikan jumlah warga penerima bansos sembako tahap II dari Pemkab Klaten yang akan segera dibagikan pada bulan Juni 2020 ini, karena untuk memberi bansos warga yang belum menerima bansos yang lain. Namun saat ini baru proses validasi data di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten,” kata Bupati Klaten saat memberikan pengarahan pada penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Rabu (10/06/ 2020).


Dikatakan Sri Mulyani, bansos sembako Pemkab Klaten sebagai bentuk JPS dari Kabupaten Klaten untuk membantu warga Klaten yang terdampak virus corona. Diharapkan warga Klaten selain ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa, semuanya mendapat bansos dari berbagai program bansos yang ada baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun Pemkab Klaten.


Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa atau DD dari 391 desa yang ada di Klaten untuk tahap I yang belum menyalurkan ada 10 desa karena masih proses Musyawarah Desa (Musdes). Kemudian yang sudah menyalurkan ada 381 desa dengan jumlah penerima sekitar 41.403 KK dengan dana lebih Rp24 miliar.


“Sebaliknya untuk BLT DD tahap II yang disalurkan pada awal Juni 2020 sampai saat ini yang sudah menyalurkan ada sekitar 10 desa dan sisanya 381 desa belum menyalurkan. Jumlah KK yang sudah menerima BLT tahap II di Klaten ada sekitar 943 KK dengan total dana sekitar Rp565 juta. Setiap KK penerima BLT DD menerima dana Rp600.000,” ujar Sri Mulyani.


Selanjutnya, kata Sri Mulyani, untuk JPS dari Provinsi Jawa Tengah berupa Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) berupa paket sembako senilai Rp200.000 akan segera didistribusikan. Penyaluran JPS BSNT Provinsi Jateng bekerja sama dengan Kantor Pos Kabupaten Klaten.
Ditambahkan, untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) tahap I untuk sebanyak 83.955 KK sudah selesai didistribusikan.

“Setiap KK penerima BST mendapat Rp600.000. Untuk BST tahap II diberikan kepada sebanyak 72.042 KK dan saat ini masih proses penyaluran baik melalui bank yang ditunjuk maupun melalui Kantor Pos,” pungkasnya. (red)