Umum

RCTD Relawan Berbasis Komunitas Yang Aktif Dalam Kegiatan Kemanusiaan

Klaten, Saktenane.com

RCTD relawan berbasis komunitas yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Didalam kegiatan sosial dan kemanusiaan di wilayah kecamatan Cawas dan kabupaten Klaten pada umumnya, seringkali ada relawan yang menggunakan atribut RCTD, seperti halnya saat ada kegiatan penyemprotan disinfektan secara massal di Desa Bogor, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Sabtu (13/06/2020).

Untuk menjawab rasa penasaran, Saktenane.com menanyakan kepada seorang kepala desa di wilayah kecamatan Cawas, yakni Kepala Desa Tirtomarto, Agung Nugroho mengenai RCTD.

Kades Tirtomarto, Agung Nugroho mengatakan, RCTD merupakan relawan yang berbasis komunitas diwilayah Kecamatan Cawas dan Karangdowo.

“Anggota RCTD merupakan warga Desa Tirtomarto, Baran, Tlingsing, Mlese dan sekitarnya, bahkan dari warga kecamatan Karangdowo juga ada,” ujar Agung Nugroho.

Lebih lanjut Agung Nugroho menjelaskan, sudah menjadi rutinitas para relawan RCTD ini membantu masyarakat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan. RCTD siap diterjunkan apabila masyarakat ada yang membutuhkan bantuan relawan.

” RCTD siap membantu masyarakat untuk penyemprotan massal, menyingkirkan pohon tumbang dijalan, mencari orang hilang, memperbaiki rumah karena terkena angin puting beliung dan lain sebagainya. Intinya kami relawan siap membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan kami,” ucap Agung yang ternyata juga merupakan pembina RCTD.

RCTD sendiri menurut Agung Nugroho, dulu dari awal berdirinya merupakan komunitas radio yakni “Radio Celuk Tonggo Deso” yang aktif berkomunikasi dan bersama sama membantu warga apabila terjadi bencana.

“Di wilayah kami kan sering terjadi bencana banjir, jadi kami sering berkomunikasi untuk membantu warga dan akhirnya menjadi komunitas,” tuturnya.

Dengan berjalannya waktu, ungkap Agung, RCTD yang dulu merupakan komunitas Radio Celuk Tonggo Deso, sekarang membentuk divisi relawan kemanusiaan dan tanggap darurat dengan nama Reaksi Cepat Tanggap Darurat.

“Namanya tetap RCTD tetapi untuk divisi kegiatan kemanusiaan dan tanggap darurat RCTD merupakan kependekan dari Reaksi Cepat Tanggap Darurat yang diketuai oleh Pak Mardiyono,” pungkas Agung Nugroho. (red)