Umum

Warga Desa Tirtomarto Cawas Terima BLT Dana Desa Tahap 2

Klaten, Saktenane.com

Warga Desa Tirtomarto Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten menerima Bantuan Langsung Tunai dari sumber anggaran Dana Desa (BLT Dana Desa) tahap 2 . Adapun penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Tirtomarto, Rabu (24/06/2020) pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Setelah penyaluran BLT Dana Desa tahap 2 selesai, Kades Tirtomarto Agung Nugroho kepada awak media menyampaikan, warga yang berhak akan menerima BLT Dana Desa sebesar 600 ribu setiap bulan untuk 3 bulan pertama. Dan ini merupakan tahap yang kedua dan besok akan dilanjutkan tahap yang ketiga kalau anggaran sudah turun.

” Untuk yang tahapan yang tiga bulan berikutnya, masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari Dispermasdes,” ucap Agung Nugroho.

Kades Tirtomarto menjelaskan, sebetulnya kuota BLT Dana Desa untuk desa Tirtomarto sebanyak 259 KK, tetapi hanya tersalurkan kepada 175 penerima, karena telah ada bantuan lain yang dikucurkan oleh pemerintah.

“Kuota kami 259 penerima, tetapi karena sudah banyak yang mendapatkan BST dan BPNT perluasan sehingga hanya tersalurkan 175 penerima. Sesuai aturan, tidak boleh ada data penerima yang ganda. Keluarga miskin semua sudah tercover,” ujarnya

Agung Nugroho mengatakan, perlu adanya edukasi bagi masyarakat untuk saling memahami situasi dan kondisi di lingkungan masing masing. Karena semua terdampak,  disatu sisi ada warga yang tidak mampu secara ekonomi, namun disisi lain ada pula warga yang memiliki kemampuan dari segi ekonomi yang lebih, sehingga tidak mendapatkan bantuan.

“Bantuan ini untuk meringankan beban warga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Kepada masyarakat penerima BLT Dana Desa ini kami meminta agar dapat memanfatkan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan pokok sehari hari,” tutur Agung Nuhroho.

Kades Tirtomarto berpesan agar masyarakat merasa handarbeni terhadap Desa Tirtomarto dan lingkungan tempat tinggal disekitarnya.

“Majunya sebuah desa merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah desa dan warga masyarakat, tidak mungkin desa bisa maju bila tidak didukung oleh warganya,” kata Agung.

Disamping itu Agung Nugroho menambahkan, pemerintah sudah memberikan hak masyarakat termasuk berupa bantuan, sehingga masyarakat juga harus sadar akan kewajibanya, salah satunya adalah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Masyarakat juga harus sadar akan pentingnya gotong royong, karena dengan semangat gotong royong akan menjadikan Desa Tirtomarto maju, mandiri dan berdaya saing,” pungkasnya. (red)