Umum

Kades Gaden Trucuk Minta Agar Penerima BLT Tidak Konsumtif

Klaten, Saktenane.com

Kades Gaden Trucuk minta agar penerima BLT tidak konsumtif. Hal itu disampaikan Kepala Desa Gaden dalam acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di aula kantor Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Kamis (25/06/2020).

Acara penyaluran BLT Dana Desa ini diawali dengan sambutan Kepala Desa Gaden dan dilanjutkan penyerahan secara simbolis oleh Kades yang didampingi babinsa dan babinkamtibmas setempat kepada salah satu penerima.

Dalam sambutannya, Kades Gaden Partinah menyampaikan, warga masyarakat penerima bantuan baik BST maupun BLT Dana Desa hendaknya menggunakan uang bantuan ini dengan semestinya, untuk membeli kebutuhan pokok atau ditabung, tidak untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.

“Karena kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, jadi sebaiknya uang bantuan dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari hari,” ujar Partinah.

Menurut Partinah, Penerima BLT Dana Desa untuk tahap 2 ini berkurang 12 penerima dibanding BLT Dana Desa tahap 1 yang jumlahnya 143 penerima, dikarenakan ganda dengan BST.

“Untuk tahap 2 ini penerima BLT Dana Desa berkurang 12 KK dikarenakan yang bersangkutan juga menerima BST Kemensos melalui Kantor Pos. Jadi sesuai aturan tidak boleh ada penerima ganda,” ucapnya.

Lebih lanjut Kades Gaden menjelaskan, sebelumnya warga sudah diberi pengertian kalau memang aturan tidak membolehkan dalam 1 KK menerima lebih dari 1 jenis bantuan.

“Alhamdulillah warga disini baik jadi mau mengerti kalau memang aturan yang ada seperti itu, jadi tidak ada gejolak di masyarakat,” kata Partinah.

Partinah menambahkan, kalau di Desa Gaden tidak ada potongan apapun, baik untuk administrasi maupun untuk pemerataan. Warga yang tidak mendapatkan bantuan padahal sangat membutuhkan, kami usulkan bantuan dari sumber dana yang lain, tidak dipotongkan dari penerima. (red)