Umum

Penyaluran BLT Di Desa Japanan Terapkan Protokoler Kesehatan

Klaten, Saktenane.com

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten menerapkan protokoler kesehatan untuk menghindari penularan virus corona atau Covid-19. Penyaluran BLT Dana Desa Tahap 2 ini berjalan secara tertib dan tetap mematuhi protokoler kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Adapun pelaksanaan penyaluran BLT DD tahap 2 ini dilaksanakan di aula kantor desa setempat, Rabu (24/06/2020). Sebelum memasuki ruangan aula, semua yang hadir wajib mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir yang sudah disediakan di depan aula maupun di depan kantor desa setempat.

Setelah melakukan cuci tangan, dilanjutkan pemeriksaan suhu tubuh dengan alat thermogun oleh satgas Covid-19 Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten.

Setelah selesai pemeriksaan suhu tubuh, warga baru dibolehkan memasuki ruangan dengan menempati tempat duduk yang sudah disiapkan dengan memperhatikan jaga jarak. Disamping itu semua yang hadir wajib mengenakan masker untuk menghindari penularan Covid-19.

Kepala Desa Japanan, Eko Puji Sarwono mengatakan, pemerintah Desa Japanan beserta satuan gugus tugas Covid-19 didesa sangat disiplin menerapkan protokoler kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Demi kebaikan bersama harus disiplin dan dimulai dari diri kita masing masing. Kejujuran dan kesadaran pribadi yang akan bisa memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Eko menjelaskan sesering apapun pemerintah desa dan satgas Covid-19 melakukan sosialisasi dan himbauan untuk menggunakan masker, dilarang bergerombol, harus jaga jarak, namun semua itu tidak ada gunanya jika tidak didukung oleh masyarakat. Untuk itu Eko Puji Sarwono berterimakasih kepada masyarakat Desa Japanan atas dukungan dan kesadaran dirinya untuk menerapkan protokoler kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Kami berterimakasih kepada masyarakat, kami yang di pemerintah desa, berusaha mengusulkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, sementara masyarakat juga penuh kesadaran untuk berupaya mencegah penularan Covid-19. Jadi Kami bersinergi dengan masyarakat sesuai kapasitas masing masing,” ucap Eko Puji Sarwono.

Kades yang masih sangat muda ini berharap semua masyarakat tertib mengikuti protokoler kesehatan, sehingga semuanya sehat dan tidak ada yang tertular Covid-19.(Red)