Umum

Ratusan Warga Desa Pogung Cawas Terima BLT Dana Desa Tahap 2

Klaten, Saktenane.com

Ratusan warga Desa Pogung Kecamatan Cawas terima BLT Dana Desa tahap 2. Sebanyak 178 KK penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) tahap 2, menerima uang bantuan tersebut di aula Kantor Desa Pogung, Rabu (24/06/2020).

Kepala Desa Pogung, Anggit Prasetya kepada awak media menyampaikan, jumlah penerima untuk BLT Dana Desa tahap 2 ini tidak ada perubahan, tetap sama seperti BLT Dana Desa tahap 1 yakni 178 KK.

“Untuk jumlah penerima tetap sama 178 KK, dan semua tepat sasaran karena yang mengusulkan adalah satgas Covid-19 ditingkat RW,” ujar Pak Kades yang masih muda ini.

Anggit Prasetya mengatakan jumlah uang yang diserahkan secara tunai kepada penerima senilai 600 ribu rupiah dan akan diberikan untuk tiga bulan. Dan ini merupakan pencairan yang kedua.

“Semua menerima utuh 600 ribu rupiah, tidak ada potongan apapun. Tidak ada alasan apapun untuk memotong bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah,” tandas Anggit.

Sementara itu dijalan depan kantor Desa Pogung, Triyono warga Dk. Ngaliyan Rt 29 Rw 13, kepada awak media mengatakan, kalau uang yang diterima 600 ribu rupiah, tidak dipungut atau dipotong baik itu oleh perangkat desa maupun pak Ketua RT.

“Tidak ada yang minta, dulu waktu menerima yang pertama juga tidak ada yang minta atau memotong, sampai rumah juga tidak diminta oleh Pak RW atau Pak RT, Pokoknya utuh 600 ribu,” ucap pria yang pekerjaanya sebagai buruh tani ini.

Penyaluran BLT Dana Desa Tahap 2 ini berjalan secara tertib dan tetap mematuhi protokoler kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona (Covid-19). Sebelum memasuki ruangan aula, semua yang hadir wajib mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir yang sudah disediakan di depan aula maupun di depan kantor desa setempat.

Setelah melakukan cuci tangan, dilanjutkan pemeriksaan suhu tubuh dengan alat thermogun oleh satgas Covid-19 Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten. Setelah selesai pemeriksaan suhu tubuh, warga baru dibolehkan memasuki ruangan dengan menempati tempat duduk yang sudah disiapkan dengan memperhatikan jaga jarak. Disamping itu semua yang hadir wajib mengenakan masker untuk menghindari penularan Covid-19. (Red)