Umum

Kepala Desa Glodogan Klaten Selatan Menggali Kubur Untuk Warganya

Klaten, Saktenane.com

Kepala Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan menggali kubur untuk warganya. Walaupun saat ini ia sudah menduduki jabatan Kepala Desa di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Zaenal Arifin tidak sungkan melakukan kegiatan lamanya sebagai seorang penggali kubur.‎

Saat ditemui di pemakaman umum setempat, Jumat (26/06/2020) pagi, di tengah kesibukannya menjadi kepala desa, Zaenal terlihat turun langsung menggali liang kubur bagi warganya yang ‎meninggal. Ia tetap semangat menggali kubur meski keringat terus mengucur membasahi wajahnya.

” Ini yang meninggal Ibu Endang Purwaningsih (61), warga Perum Glodogan Indah, ini nanti setelah selesai saya langsung pulang mandi lalu ke rumah duka, karena pemakamannya nanti pukul 10.00 WIB. Saya harus pambagyoharjo disana,” ucap Zaenal.

Zaenal Arifin menyampaikan, meski saat ini dirinya sudah menjadi kepala desa namun masih menjalani kegiatan lamanya sebagai penggali kubur.

“Bagi saya lebih memilih menggalikan kubur orang lain daripada saya yang harus digalikan kubur,” ujarnya.

Menurut pria 51 tahun yang mengajukan pensiun dini dari TNI demi mengabdi untuk masyarakat Desa Glodogan ini, pekerjaan sebagai tukang gali kubur sudah ia jalani sejak 15 tahun yang lalu. Ia mengaku menikmati pekerjaannya saat menggali kubur meski saat ini ia sudah menjadi seorang kepala desa. Bahkan ia merasa sangat senang dengan kegiatan ini meski tidak pernah mendapatkan bayaran.

“Saya merasa senang bisa membantu warga yang membutuhkan. Saya menjalankan semua ini dengan tulus ikhlas untuk mengharap pahala dan bukan untuk mencari wah atau pujian dari orang lain,” katanya.

Zaenal Arifin menambahkan, saat ini ia memiliki tim untuk kegiatan menggali kubur. Jumlahnya antara enam hingga tujuh orang, tergantung mana anggota yang siap dan sehat.

“Kita semua saling bahu membahu membantu warga tanpa pandang bulu. Saya akan terus menjalani kegiatan menggali kubur ini semampu saya. Karena saya maju menjadi kades bukan untuk menjadi pemimpin tapi untuk menjadi pelayan bagi masyarakat. Saya akan terus mengabdi untuk kepentingan masyarakat Desa Glodogan,” pungkasnya. (red)