Umum

226 Warga Banyuripan Bayat Menerima BST Tahap III

Klaten, saktenane.com

Sejumlah 226 warga Desa Banyuripan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten menerima bantuan sosial tunai (BST) Kementrian sosial (Kemensos) RI Tahap III melalui Kantor Pos, Rabu (08/07/2020).

Pengambilan dana BST yang dilaksanakan di Kantor Pos Bayat ini tetap mematuhi protokoler kesehatan, tempat duduk diatur dengan memperhatikan jaga jarak, semua yang hadir wajib memakai masker dan sebelum masuk ke lokasi harus cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu ditempat yang sudah disediakan.

Kepada saktenane.com, Kepala Desa Banyuripan Tugino mengatakan, sebagian besar penerima BST adalah warga yang tergolong tidak mampu, orang sakit kronis menahun, lansia dan ada juga yang kehilangan mata pencaharian karena adanya pandemi Covid-19.

” Yang menerima BST rata rata yang terdaftar dalam DTKS, jadi tepat sasaran. Untuk BST dana yang diterimakan 600 ribu rupiah, dan ini sudah tahap yang ketiga, ” ucap Tugino.

Lebih lanjut Kades Banyuripan menjelaskan, jumlah penerima bansos di Desa Banyuripan meliputi BST Kemensos RI sejumlah 226 Kepala Keluarga (KK), bansos sembako Kabupaten Klaten sebanyak 24 KK, bansos BSNT provinsi sejumlah 156 KK dan BLT Dana Desa 36 KK.

” Untuk BLT Dana Desa memang benar benar kami saring agar tepat sasaran, karena pertanggungjawaban sepenuhnya ada di pemerintah desa,” ungkapnya.

Tugino menambahkan, tujuan bantuan sosial ini disalurkan untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Jadi warga harus bisa memanfaatkan sebaik baiknya.

“Harus digunakan untuk mencukupi kebutuhan pokok, tidak boleh untuk membeli hal hal yang tidak penting, karena kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir, ” harap Tugino.

Sementara itu, seorang penerima bansos dari Dk. Gulen, Desa Banyuripan, Nur Kasanah merasa sangat bersyukur, sebab dia memang sangat membutuhkan bantuan ini, untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari hari.

“Bantuan ini sangat membantu sekali, semoga nanti bisa dilanjutkan lagi di bulan bulan berikutnya, ” tuturnya penuh harap. (red)