Umum

401 Kampung Siaga Candi Di Klaten Dicanangkan Kapolda Jateng

Klaten, saktenane.com

401 Kampung Siaga Candi di Klaten dicanangkan Kapolda Jateng. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV Diponegoro yang diwakili Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar melakukan pencanangan 401 Kampung Siaga Candi secara serentak. Pencanangan dilakukan di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Senin (20/07/2020).

Pencanangan Kampung Siaga Candi ini dihadiri Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana, Bupati Klaten Sri Mulyani, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, Ketua DPRD Kabupaten Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Forkopimda Kabupaten Klaten, Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan, Kepala Desa se Kecamatan Klaten Selatan dan para relawan.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, Pencanangan Kampung Siaga Candi di 401 desa/kelurahan di Klaten untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan covid-19.

” Ini sesuai instruksi Presiden agar Polri terlibat bersama TNI, Pemda dan elemen masyarakat dalam penanganan Covid-19. Pencanangan ini juga dilakukan di daerah lain di Jawa Tengah,” ujarnya.

‎Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengingatkan tentang 7 instruksi Presiden Joko Widodo yang disampaikan saat HUT Bhayangkara ke-74 lalu.

‎Menurutnya, tujuh instruksi yang ditujukan kepada jajaran kepolisian diantaranya, anggota Polri harus ikut serta mendisiplinkan masyarakat dalam rangka penerapan protokol kesehatan. 

” Hal tersebut telah diwujudkan oleh jajaran Polres Klaten. Salah satunya dengan mendirikan kampung siaga Covid-19,” ucap Kapolda Jateng.

Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebutkan, saat ini di wilayah hukum Polda Jateng ada sebanyak 4.029 Kampung Siaga. Polri dan TNI sebagai fasilitator. Semuanya adalah dari masyarakat, untuk masyarakat dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Keberadaan Kampung Siaga merupakan pemberdayaan yang luar biasa dan menjadi salah satu faktor penting dalam adaptasi kebiasaan baru bagi masyarakat,” tuturnya.(red)