Umum

Pesepeda Harus Patuhi Rambu Lalu Lintas

Klaten, saktenane.com

Pesepeda harus patuhi rambu lalu lintas. Hal ini disampaikan Kapolres Klaten melalui Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugerah Rachman pada saat melaksanakan kegiatan Penerangan Keliling dalam rangka Operasi Patuh Candi 2020, Sabtu (25/07/2020).

AKP Bobby Anugerah Rachman mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan Operasi Patuh Candi 2020 diharapkan masyarakat pengguna jalan dan lainnya lebih taat hukum dan tertib berlalu lintas sehingga menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Selain itu, masyarakat akan lebih patuh dan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru untuk pencegahan Covid-19.

“Kami menghimbau kepada pengguna sepeda angin untuk tetap mengikuti rambu rambu lalu lintas yang ada,” ujar AKP Bobby.

Kasatlantas menjelaskan, kegiatan penerangan keliling ini dilaksanakan berdasarkan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

AKP Bobby Anugerah Rachman menyatakan, maksud dan tujuan dari kegiatan penerangan keliling ini untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas guna menuju zero accident.

“Dalam kegiatan penerangan keliling ini, Dikmas Lantas mengimbau kepada pengemudi maupun penumpang untuk satu, selalu tertib berlalu lintas. Dua, mentaati rambu-rambu lalu lintas untuk menciptakan Kamseltibcar lantas. Dan tiga, mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19 dengan adaptasi kebiasaan baru,” ucapnya.

Kegiatan penerangan keliling ini dilaksanakan oleh Subsatgas Dikmas dalam rangka Operasi Patuh Candi 2020 . Disamping melaksanakan kegiatan penerangan keliling, juga dilakukan kegiatan menyebar brosur, stiker, dan leaflat di sejumlah lokasi di wilayah hukum Polres Klaten, Sabtu (25/07/2020) pagi.

Pada kegiatan itu, Kanit Dikyasa dan anggota Satlantas Polres Klaten melaksanakan kegiatan di Taman Lampion, Alun-Alun Klaten, Delanggu, Prambanan, Rest Area Pabrik SGM, Hutan Kota Sungkur, simpang tiga Jalan Merapi, dan Terminal Ir. Soekarno Klaten.(red)