Umum

Kepala Dispermades Klaten Ajak Warga Desa Teloyo Untuk 3 Ayo

Klaten, saktenane.com

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Klaten, Joko Purwanto mengajak semua warga Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten untuk melakukan 3 Ayo. Hal ini disampaikanya saat ia memberi sambutan dalam rangka mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani dalam kegiatan pemantauan penyaluran Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Dana Desa tahap III di Desa Teloyo, Senin (27/07/2020).

Bupati Klaten yang direncanakan akan hadir secara pribadi untuk memantau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap III, batal hadir dikarenakan ada kegiatan yang harus diprioritaskan.

Kepala Dispermasdes Klaten, Joko Purwanto mewakili Bupati Klaten, dalam sambutannya mengatakan, agar masyarakat Desa Teloyo bersama sama dengan pemerintah untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang saat ini cenderung terjadi peningkatan jumlah penderita yang positif.

” Kita jangan sampai terlena, tetap harus selalu waspada tetapi tidak usah panik,” ucap Joko Purwanto.

Joko Purwanto mengajak warga Desa Teloyo untuk melakukan 3 Ayo, yakni Ayo Cegah Covid-19, Ayo Manfaatkan Bantuan dan Ayo Mbangun Deso.

Ayo Cegah Covid-19, semua warga harus taat protokol kesehatan, selalu pakai masker, kecuali saat makan dan minum tentu saja harus dilepas,” ucapnya.

Joko Purwanto menambahkan, warga harus rajin cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menerapkan jaga jarak atau tidak berkerumun serta meningkatkan sistem imun dengan makanan yang bergizi dan bervitamin.

” Yang kedua, Ayo Manfaatkan Bantuan. Monggo bantuan yang diterima ini digunakan sebaik baiknya untuk kebutuhan pokok sehari hari. Untuk membeli bahan makanan yang bergizi agar badan tetap sehat,” kata Joko Purwanto.

Sedangkan Ayo yang ketiga, menurutnya, Ayo Mbangun Deso. Mari bersama sama membangun Desa Teloyo ini agar menjadi desa yang maju mandiri dan berdaya saing.

” Manfaatkan Dana Desa sebaik baiknya untuk kemajuan desa dan kesejahteraan warga desa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Teloyo Purwanto mengatakan, untuk penerima BLT Dana Desa tahap III sejumlah 170 Kepala Keluarga (KK).

“Untuk Tahap I ada 189 KK, namun karena ada yang dobel penerima dengan BST, jadi tahap III berkurang menjadi 170 KK,” tandasnya.

Purwanto menyatakan Desa Teloyo siap untuk melaksanakan BLT Tahap IV, V dan VI. Semuanya telah dipersiapkan dengan diadakan evaluasi ulang terkait penerima yang menerima lebih dari satu anggaran bantuan.

” Tinggal menunggu pencairan Dana Desa Tahap 2, setelah itu BLT DD tahap IV segera disalurkan kepada warga yang berhak menerima,” pungkasnya. (red)