Umum

Ganjar Pranowo Bagikan Daging Qurban Di Dusun Girpasang Klaten

Klaten, saktenane.com

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membagikan sendiri daging qurban di dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Sabtu (01/08/2020).

Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk datang di dusun yang terletak di lereng merapi yang hanya ada satu akses jalan melalui jurang yang cukup dalam. Ia pun harus berjalan kaki, naik turun menyusuri ribuan anak tangga di bawah jurang sedalam 150 meter selama kurang lebih 45 menit.

Ganjar Pranowo menyampaikan, dirinya tiap tahun memang mencari desa yang terpencil, yang jarang dikunjungi, apalagi mendapatkan bantuan hewan qurban.

“Saya ke sini untuk membantu membagi daging qurban dan sembako agar masyarakat di sini bisa ikut menikmati,” ujarnya.

Ganjar berpesan agar masyarakat tetap hidup rukun dan selalu menjaga kesehatan. Apabila ada hal yang mendesak, warga diminta untuk tidak segan meminta bantuan pada pemerintah setempat.

“Meski masyarakat desa telah biasa hidup menyatu dengan alam, namun pemerintah tidak tinggal diam. Pemerintah telah memberikan bantuan untuk merenovasi rumah warga disini,” tutur Ganjar.

Ganjar menyatakan, pemerintah pusat telah menyetujui usulannya untuk membangun jembatan di dusun Girpasang. Akan tetapi karena adanya  pandemi Covid-19, dana di kementerian direfocusing untuk penanganan Covid-19.

“Besok saya ajukan lagi. Mudah-mudahan tahun depan sudah ada jembatannya. Apa pun bentuknya, yang penting transportasi warga bisa mudah, khususnya dalam kondisi darurat,” ucapnya.

Ganjar Pranowo memberikan daging qurban dan sembako yang diangkut menggunakan gondola kepada warga yang diwakili oleh Mbah Padmo yang merupakan sesepuh dusun Girpasang.

Mbah Padmo mengatakan,  dusun Girpasang hanya dihuni 12 kepala keluarga. Jumlah orang yang hidup di dusun Girpasang hanya 37 jiwa.

“Kami mengucapkan terima kasih Pak Ganjar mau datang ke sini. Sejak kakek buyut sampai sekarang, baru sekali ini didatangi gubernur,” ujar Mbah Padmo.(red)