Umum

Detik Detik Proklamasi Di Klaten Akan Dilaksanakan Secara Virtual

Klaten, saktenane.com

Detik Detik Proklamasi pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 di Kabupaten Klaten akan dilaksanakan secara virtual. Sedangkan untuk kegiatan Upacara HUT RI akan dilaksanakan secara sederhana agar tidak mengundang kerumunan warga. Hal tersebut dijelaskan Bupati Klaten Sri Mulyani seusai memantau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap III di Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Senin (03/08/2020) siang.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan pelaksanaan kegiatan upacara HUT RI ke 75, karnaval, gelar budaya, lomba lomba serta kegiatan lainnya yang nantinya akan menyebabkan terjadinya kerumunan warga di Kabupaten Klaten tidak diadakan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

“Untuk Detik Detik Proklamasi akan dilakukan secara virtual. Anggaran pelaksanaan kegiatan dalam rangka HUT RI ke 75 pada tahun 2020 di-refocusing untuk penanggulangan pandemi Covid-19,” jelas Sri Mulyani.

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, sejumlah kegiatan yang sudah terjadwal di kalender event Kabupaten Klaten tahun 2020 terpaksa harus dihapus, diantaranya yakni gelar budaya dan lomba lomba serta kegiatan lain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 75.

“Semua kegiatan baik di tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten semua ditiadakan, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 karena berpotensi adanya kerumunan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Soka, Sri Mawarni mengatakan, untuk kegiatan HUT RI ke-75 di Desa Soka akan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Klaten.

” Mungkin nanti bilamana masyarakat menghendaki tirakatan, ya nanti cuma tirakatan sederhana ditingkat RT, sehingga hanya berinteraksi dengan tetangga sendiri dan tetap mengikuti protokol kesehatan,” ucapnya.

Terkait BLT Dana Desa, Sri Mawarni menyatakan, untuk penerima BLT DD di Desa Soka sebanyak 58 KK. Penerima BLT DD mayoritas pekerjaanya buruh.

“Semoga bisa membantu meringankan beban hidup mereka disaat pandemi sekarang ini,” kata Sri Mawarni.

Sebelum memantau penyaluran BLT Dana Desa di Desa Soka, Bupati Klaten Sri Mulyani juga memantau penyaluran BLT Dana Desa di Desa Pugeran, Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten.

Kepala Desa Pugeran, Rusminto Ciptaning Fajar menyebutkan, jumlah penerima BLT Dana Desa di desanya sebanyak 144 Kepala Keluarga (KK).

“Untuk tahap selanjutnya, sudah kami persiapkan tinggal menunggu regulasi dari pemerintah kabupaten,” tuturnya. (red)