Umum

1 Warga Kecamatan Prambanan Terpapar Covid-19

Klaten, saktenane.com

Seorang warga Kecamatan Prambanan terpapar virus Covid-19 lantaran pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif sebelumnya. Kini pasien tersebut menjalani isolasi Rumah Isolasi Sehat Covid-19 Edotel Klaten.

Dengan bertambahnya satu kasus positif tersebut pada Rabu (05/08/2020), jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 147 orang.

Bersamaan dengan penambahan pasien positif tersebut, terdapat tiga pasien Covid-19 Klaten yang telah dinyatakan sembuh.

“Saat ini terdapat tiga pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, serta ada penambahan satu orang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien sembuh berasal dari Klaten Utara, Gantiwarno dan Ceper. Sedangkan pasien terkonfirmasi positif baru berasal dari Prambanan” jelas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo dalam keterangan resminya.

Identitas pasien, paparnya, merupakan laki-laki berinisial ER (37) dari Kecamatan Prambanan. Pasien tersebut merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi sebelumnya. Diduga pasien tertular dari kontak erat tersebut.

Berkaitan dengan pasien sembuh, keseluruhannya berjenis kelamin perempuan yaitu berinisial ARA (13) dari Klaten Utara, DA (42) dari Gantiwarno, dan RFU (35) dari Ceper. Dari ketiga pasien tersebut, RFU dan DA sebelumnya dirawat di rumah sakit yang berada di luar daerah.

Berdasarkan hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen pada tiga pasien tersebut menunjukkan hasil negatif. Sehingga pasien dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Meskipun sudah diperbolehkan pulang, pasien diminta untuk melakukan isolasi mandiri minimal 7 hari.

Sehingga jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 147 orang. Sebanyak 43 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 97 orang sembuh, dan 7 orang meninggal dunia” pungkasnya.  (red)