Umum

Polres Klaten Canangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Klaten, saktenane.com

Polres Klaten melaksanakan deklarasi pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Aula Satya Haprabu Mapolres Klaten, Rabu (19/08/2020)

Pencanangan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, S.I.K, M.H yang dihadiri oleh perwakilan Forkopimda kabupaten Klaten, Kepala Dinas terkait, Rektor Universitas Widya Dharma, Ketua FKUB, Ketua MUI Kabupaten Klaten, LSM kabupaten Klaten , jurnalis dan PJU serta Kapolsek jajaran.

Pembacaan komitmen Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas oleh Kapolres yang diikuti oleh para Kasatfung Polres Klaten menandai berlakunya Zona Integritas di lingkungan Polres Klaten. Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada Polri yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pencanangan ini sesuai dengan peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Desain Reformasi birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program Reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

“Pencanangan Zona Integritas (ZI) di Polres Klaten ini tujuannya untuk memudahkan masyarakat. Apabila masyarakat membutuhkan informasi terkait dengan Kepolisian cukup masuk ke chatbot Polres klaten, maka unit pelayanan kami akan menjawab apa yg dibutuhkan oleh masyarakat.” Ujar Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, SIK . MH

Chatbot Polres Klaten merupakan salah satu inovasi pelayanan yang diberikan Polres Klaten kepada masyarakat. Chatbot ini menampung beberapa layanan lainnya seperti SKCK-GO, Teriak Sat Reskrim Klaten (Teras Klaten), Surat Keterangan Bebas Narkoba Online (SKBN ONLINE) dan Pangawalan Gratis.

“Semua pelayanan ada di chatbot itu. Contohnya untuk reskrim, setelah men-scan barcode, kemudian mengisi no LP maka akan dijawab apa kebutuhan masyarakat itu dan perkembangan penyidikannya.” Jelas Kapolres

Selain itu Kapolres Klaten juga menjelaskan bahwa deklarasi pencanangan pembangunan Zona Integritas ini baru langkah awal dalam rangka mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Untuk itu dirinya meminta satuan fungsi jajarannya untuk memperhatikan dan menindaklanjuti upaya-upaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik diantaranya standar pelayanan, survei kepuasan masyarakat, reward dan punishment terhadap kinerja personel, sarana dan prasarana ruang pelayanan, pengelolaan pengaduan serta terus menghadirkan inovasi pelayanan publik.

Di sisi lain, Bupati klaten yang diwakili Setda Kabupaten Klaten Djaka Sawaldi dalam sambutannya, berharap pencanangan ini benar-benar dijalankan Polres Klaten dan juga instansi lainnya secara serius agar Klaten secara umum menjadi zona integritas. Dirinya juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung komitmen mulia ini.

“Zona Integritas ini tidak akan terwujud jika kita tidak saling bahu membahu secara bersama-sama semua lini dan bergerak bersama.” ujarnya.

Bagi masyarakat yang belum familiar dengan layanan unggulan Polres Klaten yang ada dalam Chatbot Siaga Candi Polres klaten, berikut redaksi tribratanews.klaten. jateng.polri.go.id berikan penjelasan singkatnya :

Teriak Sat Reskrim Klaten (Teras Klaten), bagi masyarakat Klaten yang melaporkan tindak pidana di Polres akan mendapatkan kartu Teras Klaten yg berisi data berupa nama dan nomor LP. Selanjutnya pelapor bisa memantau perkembangan laporan melalui chatbot siaga candi Polres Klaten yg telah terkoneksi dengan database Sat Reskrim Klaten.

SKCK GO, masyarakat yang membutuhkan SKCK tidak perlu datang ke Polres Klaten karena sekarang SKCK dapat dibuat secara online dengan cara mengisi persyaratan di website dan membayar PNPB. Setelah SKCK selesai, berkas akan dikirim kembali melalui jasa paket dengan sistem COD (cash on delivery).

Surat Keterangan Bebas Narkoba Online (SKBN ONLINE). Permohonan surat bebas Narkoba ini bisa dibuat secara online dengan mengisi form permohonan dengan melampirkan bukti bebas Narkoba dari klinik.

Selanjutnya adalah pengawalan gratis dari Sat Sabhara Polres Klaten. Masyarakat yang membutuhkan pengawalan misalnya saat mengambil uang dari bank, dll dapat meminta bantuan pengawalan ke Polres Klaten tanpa dipungut biaya.

SI JUMINTEN (Sim keliling jumat minggu enten) masyarakat yang akan memperpanjang SIM dapat memanfaatkan pelayanan sim keliling di wilayah kecamatan setiap hari jumat dan minggu sesuai yang jadwal dari Sat Lantas Polres Klaten.

Los Dol (langsung on the road seketika dapat oleh-oleh legalitas)

Kemudian khusus di masa pandemi covid 19 ini, Polres Klaten juga meluncurkan beberapa inovasi pelayanan masyarakat seperti patroli siaga candi Polres Klaten. Patroli ini masi dibagi lagi menjadi beberapa kategori : Patroli kampung siaga candi, patroli wisata siaga candi, patroli niaga siaga candi, patroli pesantren siaga candi, patroli kampus siaga candi.

Masih terkait covid 19 Polres Klaten juga meluncurkan blusukan Srikandi Candi, patroli ini awaki oleh polwan dengan moto cantik-humanis-berdedikasi dan inovatif.

Kemudian yang tak kalah penting lagi adalah sinergitas bersama TNI , pemerintah Kab Klaten dan seluruh masyarakat Klaten. Hal ini tercermin dari kegiatan penanganan covid 19 yang selalu terkoordinasi dan dilakukan bersama oleh semua oleh unsur tersebut.
(ino)

Add Comment

Click here to post a comment