Umum

Wedang Purwoceng, Produk BUMDes Desa Sawahan Juwiring Bikin Stamina Anti Loyo

Klaten, saktenane.com

Wedang Purwoceng Produk BUMDes Desa Sawahan Juwiring Bikin Stamina Anti Loyo. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan badan usaha yang hadir sebagai salah satu “pemberi harapan baru,” bagi peningkatan perekonomian di desa. Seperti halnya BUMDes Pratama Mandiri Perkasa, Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Badan Usaha Milik Desa ini mempunyai 2 unit usaha, yakni usaha wedang rempah dan grosir sembako. Untuk produk wedang rempah, BUMDes ini mengeluarkan 2 produk, Purwoceng dan Wedang Rempah C-19. Sedangkan grosir sembako memasok toko dan kios sembako yang ada di Desa Sawahan dan sekitarnya.

Direktur BUMDes Pratama Mandiri Perkasa Ponimin mengatakan, minuman khas tradisional wedang rempah Purwoceng bermanfaat untuk menjaga stamina pria. Bahan bahan yang digunakan diantaranya, akar purwoceng, daun pandan wangi, buah pinang, daun jeruk, lada hitam, temu lawak, jahe, batang cengkeh, daun kayu manis, daun cengkeh dan gula jawa.

“Cara penyajiannya gampang, cukup cuci bersih dan seduh dengan air panas di dalam gelas 250 ml, tambahkan gula sesuai selera, tutup hingga 5 menit lalu siap dihidangkan. Bisa juga disajikan dengan cara direbus,” ujar Ponimin, Jumat (21/08/2020) siang.

Sedangkan untuk minuman khas tradisional wedang rempah C-19, menurut Ponimin, berkhasiat sebagai anti oksidan, melancarkan air seni, menghangatkan badan, pelega tenggorokan, meredakan masuk angin, meredakan batuk, flu dan pegal pegal.

” Komposisinya berbeda, untuk yang wedang rempah bahan-bahannya terdiri dari gula batu asli, serai merah, batang cengkeh, secang serut, jahe, kapulaga, daun cengkeh dan daun kayu manis,” ucapnya.

Untuk resep ramuan ini, kata Ponimin diperoleh dari belajar di internet dan autodidak sehingga memperoleh ramuan yang pas dan khasiatnya terbukti.

” Bahan baku untuk sementara ini masih mengambil dari Tawangmangu. Kedepan di Desa Sawahan akan kami buat menjadi kampung rempah, jadi besok untuk bahan wedang rempah hasil dari kebun warga, sehingga mampu menyerap tenaga kerja yang lebih banyak dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Ponimin menjelaskan, untuk saat ini pemesanan banyak datang dari luar kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan kota-kota lain di Indonesia, bahkan sudah dikirim ke Belanda.

” Dengan 45 karyawan kami sanggup memproduksi hingga 150 bal per hari. Kedepan kami akan menambah karyawan sekitar 30 orang lagi untuk memenuhi target pesanan,” terangnya.

Ponimin berharap kedepannya, instansi pemerintah mewajibkan menggunakan wedang rempah ini untuk minuman dikantor, sehingga semua pegawai sehat dan BUMDes berkembang, masyarakat makin sejahtera. Untuk pemesanan bisa menghubungi nomer WA 081329070527 atau datang langsung ke Dk. Platen Rt 02 Rw 01 Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. (ino)