Umum

8 Desa Di Kecamatan Cawas Salurkan BLT Dana Desa Tahap 4

Klaten, saktenane.com

Hari ini 8 desa di Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten telah melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap 4. Desa yang menyalurkan bantuan dari sumber dana Dana Desa tersebut diantaranya Desa Mlese, Gombang, Pogung, Bogor, Tlingsing, Japanan, Balak dan Pakisan. Penyaluran bantuan ini dilaksanakan di desa masing-masing.

Kepala Desa Mlese Sanyoto dalam sambutannya mengajak semua warga untuk selalu menaati protokoler kesehatan, selalu menggunakan masker saat keluar rumah dan rajin cuci tangan pakai sabun.

“Mari kita bersama-sama saling menjaga agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa beraktifitas normal lagi seperti sediakala,” ucapnya, Rabu (26/08/2020) pagi.

Sanyoto berharap bantuan BLT Dana Desa ini bisa membantu meringankan beban masyarakat yang sedang terdampak secara ekonomi dalam masa pandemi ini.

Penyaluran BLT DD Tahap 4 Desa Mlese

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Desa Bogor Joko Riyanto menjelaskan, bahwa untuk BLT Dana Desa lanjutan ini nilainya 300 ribu rupiah setiap tahapnya.

” Untuk tahap 4, tahap 5 dan tahap 6 BLT Dana Desa besarnya 300 ribu rupiah disetiap tahapnya,” ujar Joko Riyanto, Rabu (26/08/2020).

Salah satu penerima BLT Dana Desa asal Dk. Gumpang, Desa Bogor, Sutadi (42) mengatakan, ia senang BLT diperpanjang hingga 6 bulan. Meskipun untuk yang 3 bulan nominalnya hanya 300 ribu untuk setiap bulannya.

“Uang bantuan ini bisa untuk beli beras, sayur dan lauk, karena penghasilan saya juga turun drastis semenjak pandemi Covid-19 ini,” kata pengrajin genteng pres ini.

Dirinya menyebutkan, dulu sebelum pandemi, setiap membakar genteng semua langsung habis terjual, tidak ada sisa. Untuk saat ini stok genteng menumpuk karena tidak ada pembeli, sehingga ia tidak mempunyai penghasilan.

Penyaluran BLT DD Tahap 4 Desa Tlingsing

Penyaluran BLT di Desa Tlingsing juga berlangsung lancar, protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Tempat duduk juga diatur berjarak, penerima sebelum masuk aula harus cuci tangan pakai sabun ditempat yang sudah disiapkan. Semua yang hadir juga dicek suhu tubuhnya dengan thermogun dan wajib memakai masker. (ino)