Umum

Gejok Lesung Sekar Wangi Meriahkan Penilaian Kampung Heppiii

Klaten, saktenane.com

Gejok Lesung Sekar Wangi meriahkan penilaian kampung heppiii. Tim penilai lomba kampung heppiii dari Jarum 76 datang ke Dk. Kentengrejo Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten untuk menilai gapura dan kebersihan serta keindahan kampung dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75, Selasa(25/08/2020).

Untuk menyambut tim penilai tersebut, tim kesenian Gejok Lesung Sekar Wangi menunjukkan kebolehannya dalam menabuh lesung dan melantunkan lagu perjuangan untuk menghibur tim penilai dan para tamu.

Pimpinan tim kesenian Gejog Lesung Sekar Wangi, Winarni mengatakan, tim gejog lesung ini merupakan ide paguyuban ibu-ibu PKK RT 04 untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional (nguriuri kabudayan jawi) yakni gejog lesung.

” Kami bertujuan agar kesenian tradisional jawa gejog lesung tidak punah. Kita harus melestarikan agar anak cucu kita nanti juga mewarisi kesenian gejog lesung ini, biar tidak hanya menjadi cerita masa lalu saja,” ungkap Winarni.

Winarni menerangkan, dikarenakan di kampungnya kedatangan tamu tim penilai dari Jarum 76, maka ibu-ibu bersemangat untuk menyambutnya dengan gejog lesung, sekaligus juga sebagai ajang latihan menabuh lesung dengan kreasi lagu-lagu yang baru.

“Biasanya kami latihan 2 hari sekali setiap malam setelah Shalat Isya. Ibu-ibu disini sangat antusias dari yang muda sampai yang tua bisa menabuh lesung, termasuk juga anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu tim penilai dari Jarum 76, Hermanto memberikan aplaus dan apresiasi terhadap tim kesenian Gejog Lesung Sekar Wangi yang telah menyambutnya hingga ia betah berlama-lama di lokasi penilaian.

“Kebetulan dari 17 kampung yang ikut lomba se-Solo Raya, kampung ini yang terakhir kami nilai. Kami betah disini karena disuguhi kesenian gejog lesung. Aplaus untuk ibu-ibu gejog lesung Sekar Wangi, Yang penting heppiii………,” ucapnya penuh semangat. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment