Umum

Pandemi Belum Berakhir, Desa Kujon Gelar Operasi Masker

Klaten, saktenane.com

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, membuat Satgas Covid-19 Desa Kujon, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten menggelar operasi masker di wilayah desa setempat, Jumat (11/09/2020) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Satgas Covid-19 Desa Kujon menggandeng Satgas Covid-19 Kecamatan Ceper yang didukung oleh jajaran Polsek Ceper dan Koramil 23/Ceper.

Kepala Desa Kujon Sumardi Mardiyanto menyatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayahnya serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya menggunakan masker disaat pandemi ini.

“Memakai masker merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Sumardi, Jumat (11/09/2020).

Sementara itu Camat Ceper, Supriyono menjelaskan, kegiatan operasi masker ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Ceper. Dalam operasi ini melibatkan satgas Covid-19 tingkat desa, satgas Covid-19 tingkat kecamatan, jajaran polsek, koramil dan para relawan.

“Tujuannya untuk menertibkan masyarakat agar protokol kesehatan selalu dilaksanakan. Kalau dilihat saat operasi masker ini, terlihat jelas masyarakat sebagian besar sudah memakai masker,” tutur Supriyono.

Ia menambahkan, walaupun masyarakat sudah disiplin menaati protokol kesehatan, tapi akan terus diadakan pembinaan rutin agar masyarakat sadar dan menjadi kebiasaan baru untuk selalu memakai masker.

“Perlu ada jadwal yang rutin untuk kegiatan seperti ini, kalo tidak rutin nanti kadang bisa kecolongan,” tandasnya.

Mengenai sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, Camat Ceper menyebutkan, sesuai dengan Perbup 40/2020 sanksinya penahanan identitas diri (KTP) dan kerja sosial.

“Namun kami juga melihat situasi dan kondisi dilapangan,” ucapnya.

Ia berharap pemakaian masker menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat, sehingga masyarakat ikut berperan aktif dalam pencegahan Covid-19. Salah satunya adalah dalam penggunaan masker secara tertib. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment