Umum

Lupa Pakai Masker, Mbah Hadi Harus Menyiangi Rumput

Klaten, saktenane.com

Mbah Hadi terpaksa harus menyiangi rumput karena kepergok tidak mengenakan masker saat ada operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan bagi masyarakat di Jalan Raya Cawas-Pedan tepatnya di wilayah Desa Mlese, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Rabu (16/09/2020) pagi.

Pria yang bernama lengkap Jumbadi Hadi Wiyono ini mengayuh sepedanya dengan santai saat melintas di lokasi operasi yustisi tanpa memakai masker. Hal itu tentu saja membuat petugas menghentikan mbah Hadi.

Setelah diminta menepi, didata dan diberi pengarahan tentang pentingnya masker untuk mencegah penyebaran Covid-19, pria berusia 80 tahun ini diminta memilih untuk ditahan KTPnya atau melakukan kerja sosial. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Klaten Nomor 40 Tahun 2020.

Karena tidak membawa KTP maupun identitas diri yang lain, mbah Hadi yang merupakan warga Dk. Karangjati, Desa Gombang, Kecamatan Cawas ini memilih untuk kerja sosial. Dengan cekatan ia mengambil sabit yang sudah disiapkan petugas untuk menyiangi rumput di tepi jalan.

Mbah Hadi mengatakan, dirinya tidak memakai masker dikarenakan lupa. Ia bermaksud mau ke Plosowangi untuk membeli obat semprot, untuk menyemprot tanaman kacang.

” Setelah membeli obat, saya mau cari rumput disawah terus pulang. Biasanya saya memakai masker, maskernya dikasih dari Desa Japanan,” ujar mbah Hadi.

Sementara itu Kepala Desa Mlese Sanyoto menyatakan, operasi yustisi ini dalam rangka mendisiplinkan masyarakat agar menaati protokol kesehatan, agar warga Desa Mlese khususnya dan warga Kecamatan Cawas pada umumnya tidak tertular virus Covid-19.

“Kita semua berharap dengan kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan, masyarakat akan terhindar dari virus corona,” ucap Sanyoto.

Sanyoto menjelaskan, operasi yustisi ini melibatkan satgas Covid-19 tingkat desa dan satgas Covid-19 Kecamatan Cawas. Dalam kegiatan ini, sebanyak 15 pelanggar diberikan sanksi kerja sosial berupa menyiangi rumput di tepi jalan dan menyapu di sekitar lokasi kegiatan. (ino)