Umum

261 Warga Kalikebo Terima BST Tahap 6

Klaten, saktenane.com

261 warga Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten menerima bantuan sosial tunai (BST) Kemensos RI tahap 6, Sabtu (26/09/2020). Penyaluran bansos ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berdasarkan pengamatan saktenane.com, didepan gedung serbaguna Desa Kalikebo yang merupakan tempat untuk penyaluran BST telah disediakan tempat cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

Penerima BST sesudah mencuci tangan pakai sabun, kemudian diukur suhu badannya menggunakan alat thermogun oleh petugas, setelahnya telapak tangan disemprot dengan hand sanitizer. Kursi tempat duduk juga menerapkan jaga jarak.

Kepala Desa Kalikebo Purwanto mengatakan, protokol kesehatan diterapkan akan warga terhindar dari penularan Covid-19.

“Alhamdulillah masyarakat sudah sadar untuk menaati protokol kesehatan. Semua yang datang kesini sudah memakai masker untuk melindungi diri dari Covid-19,” ujarnya, Sabtu (26/09/2020).

Lebih lanjut Purwanto menyebutkan, jumlah penerima BST Kemensos RI melalui kantor pos tahap 6 ini sebanyak 261 kepala keluarga. Masing-masing menerima bantuan berupa uang tunai sebesar 300 ribu rupiah.

“Semoga bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” harapnya.

Sementara itu salah satu penerima BST asal Dk. Kalikebo RT 33, RW10, Sihni (50) mengatakan, uang bantuan yang diterimanya akan disedekahkan sebagian untuk anak yatim, sisanya untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya.

“Sebagian saya shodaqohkan, sisanya untuk beli beras, lauk dan sayuran. Dagang sejak ada pandemi Covid-19 sepi, penghasilan menurun drastis,” ujar Sihni yang kesehariannya berjualan ikan segar di pasar Gentongan ini. (ino)