Umum

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Desa Boto Bangun Ruang Baca

Klaten, saktenane.com

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Desa Boto, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten membangun ruang baca. Ruang baca yang dibangun dibelakang bangunan utama kantor desa setempat ini dibeayai dengan anggaran dana desa.

Saat ditemui saktenane.com di kantornya, Kepala Desa Boto Sri Rejeki menyampaikan, ruang baca ini dibangun untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa setempat.

” Dengan membaca buku kita bisa menambah wawasan tentang apa yg kita belum ketahui. Selain itu kita juga dapat memperoleh pemahaman dari apa yang sudah kita baca tersebut,” ujar Sri Rejeki, Rabu (30/09/2020).

Menurut Sri Rejeki, buku-buku yang akan disediakan di ruang baca tersebut sangat lengkap. Buku untuk anak-anak, remaja dan dewasa semua ada.

“Buku lengkap, semuanya ada 500 buah buku yang merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional Tahun 2019. Begitu saya menjabat kepala desa, saya langsung mengajukan bantuan buku ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ruang baca seluas 30 meter persegi ini dibangun dengan anggaran dana desa sebesar 27 juta rupiah.

“Kedepan disamping ruang baca juga akan dibangun taman secara bertahap. Saat ini juga sudah tersedia hotspot wifi gratis sehingga para siswa bisa mengerjakan tugas-tugas sekolahnya disini,” tutur bu kades.

Sri Rejeki berharap ruang baca ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Anak-anak juga menjadi gemar membaca sehingga mereka nantinya menjadi anak yang pintar. (ino)