Umum

Desa Delanggu Galakkan Edukasi Protokol Kesehatan di Pasar

Klaten, saktenane.com

Desa Delanggu galakkan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan di pasar darurat. Mengingat pasar merupakan tempat yang sangat rawan menjadi klaster penularan virus Covid-19, pemerintah Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten rutin mengadakan penyuluhan kepada para pedagang dan pengunjung pasar darurat di desa setempat.

Kepala Desa Delanggu Purwanto melalui Sekdes Delanggu Heri Sutama menyampaikan, sangat perlu diadakan sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehatan di pasar darurat secara kontinyu dan berkesinambungan.

“Di pasar itu yang datang orang dari berbagai penjuru, dan bermacam sifat. Ada yang patuh ada yang agak ngeyel juga. Maka kita harus rutin dan tidak bosan memberikan sosialisasi,” ungkap Heri, Rabu (30/09/2020) siang.

Ia menjelaskan, di pasar itu tempat bertemunya orang banyak dari latar belakang yang bermacam-macam. Sehingga memang harus diterapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Mereka ada yang sedang sakit atau tidak, susah untuk mengetahuinya. Untuk itu mereka harus memakai masker, selalu jaga jarak dan harus cuci tangan pakai sabun sesering mungkin,” tandasnya.

Menurut Heri, ketaatan pedagang terhadap protokol kesehatan sudah cukup baik. Mereka sudah memakai masker semua. Jaga jarak juga diterapkan, tidak ada pedagang yang ngobrol bergerombol.

“Justru kemarin yang kedapatan tidak memakai masker yakni para pengunjung pasar. Kemarin ada lurang lebih 20 orang yang tidak memakai masker,” kata Heri Sutama.

Heri menambahkan, bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker hanya diberi imbauan untuk memakai masker saat keluar dari rumah.

“Tidak diberikan sanksi. Kami fokus pada sosialisasi dan edukasi agar masyarakat sadar akan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran virus corona,” imbuhnya.

Dalam sosialisasi dan edukasi masyarakat tersebut, pemerintah desa menggandeng gugus tugas desa, gugus tugas kecamatan, linmas, babinsa dan bhabinkamtibmas serta relawan desa setempat. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment