Umum

Sadarkan Masyarakat Untuk Pakai Masker, Desa Jaten Juwiring Gelar Operasi Yustisi

Klaten, saktenane.com

Pandemi yang belum pasti kapan berakhirnya, membuat kita harus merubah pola hidup dengan adaptasi kebiasaan yang baru, yakni kebiasaan untuk selalu mentaati protokoler kesehatan agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

Untuk memberikan penyadaran masyarakat agar menaati protokol kesehatan sebagai kebutuhan, pemerintah Desa Jaten, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten melaksanakan operasi yustisi pendisiplinan masyarakat agar menaati protokol kesehatan, Selasa (06/10/2020) pagi.

Operasi yustisi yang dilaksanakan di jalan pertigaan Dk. Bawan, desa setempat ini melibatkan puluhan personel dari gugus tugas Covid-19 tingkat desa, gugus tugas kecamatan, jajaran polsek dan koramil, relawan Ring 1 Kecamatan Juwiring, Pensosmas dan relawan yang lain.

Kepala Desa Jaten, Sunar mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari relawan tingkat kecamatan, didukung oleh pemerintah desa dan dilaksanakan di wilayah Desa Jaten. Dengan adanya operasi ini diharapkan masyarakat selalu menaati protokol kesehatan dimana saja.

“Kami berharap masyarakat jadi sadar dan selalu memakai masker saat keluar rumah dan berperilaku pola hidup bersih sehat,” tutur Sunar, Selasa (06/10/2020) pagi.

Kades Jaten menjelaskan, selain operasi yustisi, pemerintah desa melalui gugus tugas juga sudah sering melakukan sosialisasi maupun edukasi terhadap masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan.

“Dengan adanya sosialisasi tersebut, masyarakat sudah menerapkan jaga jarak tidak ada yang berkerumun, rajin cuci tangan pakai sabun dan memakai masker dalam segala aktifitasnya,” ujarnya.

Ia berharap dengan ketatnya protokol kesehatan di desanya, tidak akan terjadi lagi klaster baru diwilayahnya. (ino)