Umum

Menuju Desa Layak Anak, Desa Juwiran Bangun Taman Bermain

Klaten, Saktenane.com

Terus berbenah untuk menjadi Desa Layak Anak (DLA), pemerintah Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten membangun taman bermain di lingkungan kantor desa setempat.

Kepala Desa Juwiran, Santoso mengatakan, tujuan dibangun taman desa ini untuk keindahan di lingkungan kantor desa agar nampak rindang dan asri.

” Selain itu juga dalam rangka persiapan desa layak anak. Nantinya biar anak-anak betah berada di lingkungan kantor desa ini,” ungkap Santoso, Senin (12/10/2020).

Lebih lanjut, Kades Juwiran menyatakan disamping kedua tujuan tersebut, pembangunan taman ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah Desa Juwiran terhadap program Kabupaten Klaten sebagai kota bunga sejuta warna.

” Taman yang berada disamping kantor desa nantinya dilengkapi dengan tempat bermain untuk anak. Sudah dibangun mushola, wifi juga tersedia,” ujarnya.

Santoso menjelaskan, kedepan pemerintah desa Juwiran akan melakukan tahapan-tahapan sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Klaten.

Ia berharap dengan adanya program DLA ini, anak-anak di Desa Juwiran nanti bisa berkembang dengan baik, dan saat dewasanya nanti menjadi orang yang berguna bagi keluarga dan bangsa.

“Karena anak merupakan tanggung jawab kita bersama terkait dengan perlindungan dan pemenuhan hak-haknya,” ucapnya.

Santoso menambahkan, desa layak anak memberikan tempat (space) agar anak ini bisa berkreasi memberikan hak untuk berpartisipasi terhadap pembangunan desa. Nantinya akan dibentuk gugus tugas layak anak ditingkat desa dan forum anak sebagai media anak untuk berkreasi. (ino)