Umum

Desa Kajen Ceper Membangun Kantor Bertingkat Hanya Dengan Anggaran 150 Juta

Klaten, saktenane.com

Desa Kajen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten membangun kantor desa setempat hanya dengan anggaran 150 juta. Dana 150 juta tersebut diperoleh dari Bantuan Keuangan yang Bersifat Khusus (BKK) Kabupaten Klaten, anggaran murni tahun 2019 dan 2020.

Kepala Desa Kajen, Joko Purnomo menyampaikan, tujuan dibangunnya gedung kantor desa ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan memberikan rasa nyaman warga saat berada di kantor desa.

” Kalau kantor desa layak, perangkat desa juga merasa nyaman melayani masyarakat dan betah di kantor. Begitu juga warga juga merasa nyaman saat berada di kantor desa,” ujar Joko Purnomo, Kamis (15/10/2020).

Joko Purnomo menyebutkan, anggaran untuk membangun kantor desa ini dianggarkan selama 2 tahun. Dana untuk membangun kantor tersebut berasal dari BKK Kabupaten Klaten tahun 2019 sebesar 80 juta rupiah. Dan BKK tahun 2020 senilai 70 juta rupiah.

” Tahun 2019 dana 80 juta dialokasikan untuk membangun cakar ayam dan cor. Tiang cor beton besarnya 40 X 60 sentimeter, menggunakan tulang besi beton 16 milimeter. Dak cor lantai 2 menggunakan alas bondex dan bertulang wiremesh ditumpuk 2 dengan diberi sekat penyangga dari besi beton,” ungkapnya.

Sedangkan untuk anggaran tahun 2020 senilai 70 juta, kata Joko Purnomo, digunakan untuk pengerjaan dinding, atap, pintu dan jendela, keramik lantai, pagar teralis teras lantai 2 dan pemasangan listrik.

“Yang belum selesai tinggal plafon, besok dianggarkan di tahun 2021. Luas bangunan 9 X 14 meter,” tuturnya.

Kantor desa 2 lantai tersebut, untuk lantai 1 digunakan untuk pelayanan masyarakat dan lantai 2 digunakan untuk keperluan rapat. Disamping kantor desa tersebut juga berdiri megah gedung serba guna yang diperuntukkan bagi masyarakat Desa Kajen. (ino)