Umum

4 Pegawai Puskesmas Positif Covid-19, KPPS di 10 Desa Tidak Perlu Galau

Klaten, saktenane.com

Setelah adanya rilis dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten pada hari Kamis (15/10/2020) yang menyatakan adanya penambahan 16 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan diketahui 4 orang diantaranya merupakan pegawai Puskesmas Cawas 1, maka beberapa anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 10 desa di wilayah Kecamatan Cawas merasa was-was dan galau.

Menanggapi akan hal itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Cawas, Moh Prihadi menyatakan KPPS yeng kemarin melakukak cek kesehatan di Puskesmas untuk persyaratan pencalonan KPPS tidak perlu khawatir, karena saat mereka diperiksa kesehatannya, mereka menggunakan masker, dan menerapkan protokol kesehatan.

“Saat pemeriksaan kesehatan, petugas sudah memakai APD lengkap, dan yang diperiksa juga memakai masker, jadi InsyaAllah aman. Namun juga perlu kewaspadaan,” ujar Moh Prihadi yang juga menjabat Camat Cawas, Jumat (16/10/2020) pagi.

Ia menyarankan, yang kemarin merasa pernah dari Puskemas Cawas 1, harus menjaga kesehatan masing-masing dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dan manakala ada gelaja harus segera melaporkan diri.

“Mengurangi aktifitas dan mobilitas dulu, dan tetap menaati protokol kesehatan,” imbaunya.

Sementara itu Ketua PPK Kecamatan Cawas, melalui anggota PPK, Prasetya Dewi menyampaikan, berdasarkan konfirmasi dari Kepala Puskesmas Cawas 1, KPPS yang melakukan pemeriksaan di Puskesmas Cawas 1 masih dalam kondisi aman.

” Alasan yang pertama, saat melakukan pelayanan, semua petugas mengenakan APD lengkap. Yang kedua, pemeriksaan hanya berlangsung sebentar, jadi tidak termasuk kontak erat,” ucap Dewi.

Menurut Dewi, yang dimaksud kontak erat itu berada dalam satu ruangan atau suatu tempat dalam waktu lebih dari 30 menit. Sementara saat pemeriksaan kesehataan KPPS hanya berlangsung sebentar.

Untuk diketahui, anggota KPPS di 10 desa di wilayah Kecamatan Cawas melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Cawas 1 untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani,beberapa hari terakhir. Sementara untuk anggota KPPS di 10 desa yang lain, melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Cawas 2. (ino)