Wisata

Alhamdulillah, Girpasang Sudah Ada Internet Gratis

Klaten, saktenane.com

Kabar menggembirakan bagi warga dusun tertinggi Klaten yaitu warga Girpasang, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Akhirnya jangkauan internet telah sampai di desa tertinggi di Klaten tersebut dan bisa dinikmati secara gratis dengan fasilitas wifi. Terlebih di masa pandemi Covid-19, pelajar yang ada di Girpasang tak pusing lagi membeli kuota dan harus menyebrang demi mengikuti pembelajaran online atau daring.

Jaringan internet hadir di Girpasang berkat hasil kolaborasi Kodim 0723/ Klaten, Dinas Kominfo Klaten, Komunitas Scooter Klaten (KSK), Sedulur Pit Klaten, Bike To Work (B2W) Klaten, NSCC dan Youtuber Klaten dalam rangka memperingati Hari TNI yang ke-75.

Pada Sabtu (24/10/2020) Serda Wibowo, selaku Babinsa Tegalmulyo, dusun Girpasang mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kominfo, komunitas vespa yang telah membantu wifi dan berkolaborasi dengan Kodim 0723 /Klaten. Semoga amal baik Komunitas Vespa yang dipimpin bapak Rizqan bisa bermanfaat bagi waga saya di dukuh Girpasang.

“Di masa pandemi ini dengan pembelajaran secara online mudah-mudahan warga desa kami yang duduk dibangku sekolahan tetpa bisa melaksanakan pendikan secara online atau daring. Sehingga warga girpasang tidak ketinggalan informasi dan belajar secara online seperti warga desa yang lain. Mudah-mudahan Warga girpasang semakin meningkat pendidikannya dan ekonominya dengan adanya wifi bisa berdaya saing dengan warga desa yang lain,” ucapnya.

Pemasangan wifi ada di empat titik di desa Girpasang yaitu di puncak, gardu, sekitar masjid, dan pendopo RT. Perencanaan dalam pemasangan wifi di Girpasang terhitung cukup singkat kurang lebih hanya dua minggu saja sembari menggumpulkan dana. Dalam hal teknis pemasangan jaringan sejak senin (21/10) melakukan cek lokasi pemasangan wifi, rabu (23/10) melakukan pemasangan wifi di Desa Tegalmulyo dan pada Sabtu (24/10) wifi dipasang di Girpasang.

Rizqan Iryawan, selaku perwakilan dari KSK sekaligus Sekretaris Diskominfo Klaten mengungkapkan pemasangan wifi ini berawal dari rekan-rekan sepeda Klaten yang mengusulkan untuk di Girpasang dipasangi jaringan internet atau wifi, karena dalam masa pandemi Covid 19 pembelajaran sekolah menggunakan online. Di dusun girpasang belum ada jaringan yang masuk, sehingga adanya kolaborasi Kodim 0723, B2W, SPK, NSCC, Kobel, Stratos, KSK,dan Youtuber berusaha untuk jaringan internet masuk ke dusun girpasang. Tak hanya itu, dukungan dari pemerintah kabupaten Klaten khususnya Diskominfo menambah pemasangan wifi ini cepat terlaksana.

“Semoga adik-adik ditaraf belajar dari SD, SMP hingga SMA yang ada di dusun Girpasang bisa belajar dengan baik. Tidak teralalu berat mencari sinyal dan juga kedepan wisata bisa didukung jaringan yang ada,” imbuhnya.

Di dusun yang ditempuh harus melalui ribuan anak tangga ini, terdapat sejumlah 12 orang yang menempuh pembelajaran daring. Salah satunya Siti Suyahmi (14) siswa Kelas 9, SMP N 2 Kemalang mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada pihak yang sudah memasang wifi di dusun Girpasang.

“Sekarang tidak usah berjalan jauh dan menyebrang lagi untuk beli kuota. Biasanya sebulan menghabiskan 10 GIGA dan harus beli dengan harga enam puluh ribu, sekarang sudah tidak” ungkap Siti sambil menyambungkan hanphone nya dengan jaringan wifi yang telah terpasang. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment