Wisata

Merapi Aktif, Camping Bukit Klangon Ditutup Sementara

Sleman, saktenane.com

Bukit Klangon merupakan destinasi wisata alam yang berada di Padukuhan Kalitengah Lor, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada persis di lereng Merapi. Jarak Bukit Klangon dengan puncak Merapi sekitar 4 kilometer. Klangon selama ini dikenal sebagai titik tertinggi untuk berwisata di Merapi terutama lereng sisi selatan.

“Jaraknya sekitar 4 kilometer dari puncak. Untuk camping sementara kami tutup karena aktivitas kegempaan Merapi saat ini. Kami tutup hingga kondisi Merapi dinyatakan lebih aman,” kata Gunawan selaku pengelola Bukit Klangon, Sabtu (31/10/2020).

Ia menyatakan, pihaknya kini menutup wisata camping atau aktivitas malam hari di Klangon dengan alasan untuk keamanan bersama. Pengelola menurut dia belajar dari pengalaman masa lalu untuk mengantisipasi apabila Merapi sewaktu-waktu erupsi.

“Alasannya demi keamanan wisatawan, terkait dengan aktivitas kegempaan Gunung Merapi yang terus meningkat. Kami akan melihat perkembangan aktivitas Merapi, jadi belum tahu sampai kapan ditutup,” jelasnya.

Menurutnya, pengelola tak ingin kecolongan apabila tetap membuka wisata camping di malam hari. Apalagi, alam tak bisa diprediksi meski aktivitas Merapi terus terpantau.

“Kalau wisata siang hari tetap seperti biasa, namun kami tetap waspada dan bersiap dengan segala kondisi,” ujarnya.

Wisata akan dibuka lagi saat malam hari apabila situasi dan kondisi sudah memungkinkan. Setelah aktivitas Gunung Merapi normal kembali. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment