Umum

BUMDes Desa Sribit Budidayakan Padi Inpari 42

Klaten, saktenane.com

BUMDes Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten budidayakan varietas padi Inpari 42. BUMDes dengan nama Makmur Jaya ini berdiri sejak tahun 2017 silam.

Kepala Desa Sribit, Alibi mengatakan, untuk saat ini BUMDes Makmur Jaya berkolaborasi dengan Gapoktan Tani Bahagia mengelola usaha penggilingan padi.

“Kami punya 4 mesin penggilingan padi. Kami siap melayani permintaan beras baik partai besar maupun kecil,” ujarnya, Jumat ( 20/11/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, BUMDes Makmur Jaya bersama petani di Desa Sribit sedang mengembangkan varietas padi Inpari 42.

“Inpari 42 nasinya rasanya enak dan pulen. Tidak kalah dengan Rojolele maupun Membramo. Bedanya cuma kalah wangi di aromanya saja,” ungkapnya.

Menurutnya, padi Inpari 42 tahan wereng, tahan rebah, anakannya banyak sehingga produksi bisa tinggi dan umurnya sama dengan padin Membramo.

“Kami sudah uji coba di sawah lungguh kades seluas 2 hektar. Ditanami Inpari 42 hasilnya bagus, bisa memperoleh 8 ton gabah,” jelasnya.

Selain Inpari 42, BUMDes Makmur Jaya juga menyediakan beras Rojolele, Membramo, Menthik Wangi, Menthik Susu dan IR 64.

“Kami menyerap gabah petani warga desa sendiri, jadi kami tidak mungkin mengambil gabah dari luar. Kami berani jamin, beras asli Delanggu,” tandasnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment