Umum

Saat Pandemi, PKK Desa Sukorejo Optimalkan Dasa Wisma

Klaten, saktenane.com

Di masa pandemi Covid-19, PKK Desa Sukorejo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten mengoptimalkan dasa wisma untuk pencegahan penularan Covid-19 maupun pemberdayaan masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sukorejo, Muhirah Endra Susila mengatakan, di saat pandemi ini pihaknya mengoptimalkan kelompok dasa wisma untuk melakukan pendataan keluarga terkait kondisi kesehatan keluarga dan aktivitasnya.

” Setiap kelompok terdiri dari antara 10 KK sampai dengan 20 KK. Kondisi kesehatan di data, sehingga bisa untuk antisipasi dini penularan Covid-19 dan pencegahan stunting,” ujar Muhirah seusai mengikuti zoom meeting bersama TP PKK Kabupaten Klaten, Selasa (24/11/2020) siang.

Ia menjelaskan, secara umum tujuan dari kegiatan dasa wisma tersebut, yakni pengawasan yang berbasis masyarakat.

“Sehingga tercipta sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Muhirah, Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera.

” Untuk itu, di harapkan agar dasa wisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah,” tuturnya.

Ia menambahkan, kedepan juga akan dilaksanakan peningkatan kapasitas bagi dasa wisma, dengan memberikan pelatihan menjahit, membuat kerajinan, membuat kue dan juga pendirian bank sampah untuk meningkatkan perekonomian keluarga. (ino)