Umum

Temanku Lima Benua, Gelar Diskusi Cara Baru

Klaten, saktenane.com

Seniman asal Klaten, Temanku Lima Benua (18) atau yang lebih akrab disapa Liben, selaku pemilik Sanggar Lima Benua menggelar “Diskusi Kontemporer Indonesia Menggugat di Era Industri 4.0”.

Putri dari seniman Hariadi Purnama ini mengadakan diskusi dengan cara yang baru, di sanggar miliknya yang berlokasi di Dk. Geritan, Desa Belang Wetan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Sedangkan pelaksanaan diskusi berlangsung dari tanggal 2 Desember sampai dengan 7 Desember 2020.

Menurutnya, kegiatan ini menerapkan cara yang baru, yakni diskusi secara daring dengan zoom, diskusi tatap muka dengan pembatasan peserta, infografis Presiden RI Ir Soekarno, replika Penjara Banceuy Bandung, instalasi Bung Karno dengan Sepeda Fongers dan melukis mural Bung Karno.

“Diisi juga dengan permainan tradisional untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta mengendalikan sampah plastik untuk menghadapi perubahan iklim bersama bank sampah,” ujar Liben, Senin (07/12/2020) siang.

Karena situasi masih pandemi, kata Liben, rangkaian kegiatan diskusi kontemporer ini dilakukan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini dinamakan diskusi kontemporer karena digelar dalam suasana yang menyenangkan, memiliki bumbu seru, lucu, dan sekaligus menegangkan sehingga tidak membosankan.

“Diskusi kontemporer ini sebagai teknik atau metodologi agar Generasi Z atau Generasi Alpha menyukai diskusi, dan cepat menerima pemahaman dari isi diskusi,” ungkapnya.

Liben menjelaskan, diskusi kontemporer ini bertajuk “Indonesia Menggugat”. Karena dalam Indonesia Menggugat ini ada energi Bung Karno saat muda, yang energik, ada rasa nasionalisme yang perlu ditiru generasi muda saat ini. Pledoi Indonesia Menggugat ini sangat mendunia, dan telah diterjemahkan ke dalam segala bahasa. Dalam pledoi ini, Bung Karno menggugat sistem imperialisme, kapitalisme dan penjajahan di Indonesia. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment