Umum

Di Hari Pencoblosan, Pasar Burung Pedan Tetap Ramai

Klaten, saktenane.com

Hari pencoblosan (pemungutan suara) pada pilkada Klaten 2020 bertepatan dengan hari pasaran di Pasar Pedan, yakni hari Rabu Wage (09/12/2020).

Berdasarkan pantauan saktenane.com walau berbarengan dengan pilkada, pengunjung pasar burung di Pedan masih tetap ramai, dan pengunjung berjubel. Mereka melihat-lihat burung yang dipajang oleh pedagang. Begitu pula banyak juga yang melihat-lihat ayam maupun sedang bertransaksi jual beli ayam.

Salah satu pengunjung pasar, Kukuh Wiyono (35) yang merupakan warga Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, kepada saktenane.com menyampaikan, dirinya sebelum pergi ke pasar, ia sudah menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos di TPS sekira pukul 07.30 WIB.

“Mumpung tempat kerja libur, ini sekalian cari hiburan lihat-lihat burung disini,” ujar pria yang berprofesi sebagai buruh bangunan ini, Rabu (09/12/2020).

Sementara itu, salah satu pedagang burung, Ismadi (38) mengatakan, ia sudah nyoblos jam 7.30 WIB. Setelah mencoblos langsung berangkat mencari nafkah untuk berjualan burung ke pasar.

“Kami pekerjaanya cuma begini, jadi harus ulet, rajin dan tekun, masih ada waktu sehabis mencoblos ya ke pasar,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, dalam berdagang burung, dirinya memperoleh penghasilan antara 300 ribu sampai 400 ribu rupiah per harinya.

“Saya dagang burung sejak saya masih SMP, tahun 1997. Dimasa pandemi ini ya kita pandai-pandai jaga diri dengan memakai masker dan rajin cuci tangan pakai sabun,” kata warga Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat ini. (ino)