Umum

Bidang Pertanian Jadi Prioritas Pembangunan Desa Gondangsari

Klaten, saktenane.com

Bidang pertanian menjadi prioritas pembangunan di Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Pasalnya hingga saat ini petani di desa tersebut masih banyak mengalami kendala dalam bercocok tanam.

Menyikapi akan hal itu, pemerintah Desa Gondangsari akan memprioritaskan pembangunan di bidang pertanian.

“Disini itu petani mengalami banyak kesulitan, kebutuhan air saat musim kemarau sangat kurang. Tetapi kalau musim penghujan, kelebihan air bahkan sampai kebanjiran,” ungkap Kepala Desa Gondangsari Suhadi, Jumat (18/12/2020) pagi.

Suhadi menjelaskan, di wilayahnya terdapat Kali Bloro yang terletak di utara Dk. Kedungpacul yang bermuara ke Kali Dengkeng.

“Setelah sampai di Kali Dengkeng aliran air mengalir dan bertemu dengan aliran air dari alur Sungai Bengawan Solo (kali tempuk). Sehingga air yang sudah masuk ke wilayah Gondangsari sangat sulit untuk surut, sebelum Sungai Bengawan Solo surut, itu yang menyebabkan banjir,” ujarnya.

Ia menyebutkan, prioritas pembangunan di bidang pertanian diantaranya pembangunan talud irigasi untuk memperlancar dalam pengairan lahan pertanian.

“Selama 2 tahun menjabat kepala desa saya prioritaskan pembangunan saluran irigasi, termasuk saluran tersier yg dibangun melalui P3 TGAI,” jelasnya.

Disamping saluran irigasi, menurut Suhadi, juga akan dilakukan pembangunan betonisasi jalan usaha tani untuk memudahkan transportasi petani saat panen tiba. Mengingat untuk saat ini masih banyak jalan usaha tani yang belum layak. (ino)